Hunting di Perjalanan Bandung – Pangandaran

Melengkapi artikel-artikel mengenai pengalaman saya dan Om Yos berwisata ke Pantai Pangandaran tahun 2005 lalu, saya ingin berbagi dengan menampilkan foto-foto di sepanjang perjalanan antara Bandung – Pantai Pangandaran.

Dengan Honda Karisma kesayangan yang sudah beberapa kali menempuh perjalanan antar kota antar propinsi, perjalanan kami awali dari Bandung menuju Cileunyi lewat terminal Cicaheum, Ujung Berung, dan Cibiru. Selepas dari Cicalengka, yaitu menuju Nagrek dan Malangbong, kami memasuki perjalanan luar kota yang sangat saya suka di atas kendaraan roda dua. Meski tidak asing lagi dengan jalur selatan tersebut, saya tetap sangat menikmati perjalanan dengan pemandangan alam yang memukau.

Kami harus berkali-kali menghentikan laju kendaraan karena menemui pemandangan yang menurut kami sayang untuk tidak diabadikan. Pemandangan sungai merupakan salah satu pemandangan yang sangat menarik buat kami, selain pemandangan pegunungan dan persawahan.

Tidak ketinggalan kami mengabadikan bangunan Masjid Agung yang terletak di Kota Ciamis dan Gereja Katolik yang berada di Kota Tasikmalaya. Dekat dengan Pantai Pangandaran, kami menemui sebuah goa yang dinamakan Goa Donan.

Dalam perjalanan wisata ini selama dua hari tersebut, kami berhasil mengunjungi beberapa obyek wisata sebagai berikut:

  1. Pantai Barat Pangandaran – Jawa Barat
  2. Pantai Timur Pangandaran – Jawa Barat
  3. Pasir Putih dan Cagar Alam Pananjung – Jawa Barat
  4. Pantai Karang Nini – Jawa Barat
  5. Obyek Wisata Legenda Ciung Wanara – Jawa Barat