Pantai Barat Pangandaran – Jawa Barat

Tahun 2005, Pangandaran sebelum bencana tsunami 17 Juli 2006. Hari mulai petang ketika sepeda motor yang saya kendarai bersama rekan Yosi memasuki pintu gerbang Pantai Pangandaran, sebuah pantai tersohor di bagian selatan Pulau Jawa. Sungguh perjalanan yang sangat melelahkan, ketika dimulai dari warung bakso rudal di Jalan Anggrek Bandung pukul 9 pagi. Sebenarnya jarak Bandung ke Pangandaran hanya 200 km, mestinya dapat ditempuh dalam waktu 5 jam tetapi kami 9. Ya .. sangat banyak pemandangan alam di tengah perjalanan yang sayang untuk dilewatkan. Maka kami pun selalu tergoda untuk mengabadikannya melalui kamera kesayangan; galeri foto sepanjang perjalanan Bandung – Pangandaran ada di link ini.

Begitu tiba di pinggir pantai, kami segera mencari penginapan di antara banyak rumah penginapan dan hotel yang disewakan. Akhirnya dapat penginapan yang cukup murah, Rp 80 ribu, tetapi terlihat bersih dan aman bagi kami dan kendaraan kami menginap. Masuk kamar dan saya pun terkulai tak berdaya setelah perjalanan yang panjang dan melelahkan namun menyenangkan. Rekan Yosi tidak mau ketinggalan moment sunset Pantai Barat Pangandaran, bergegas menuju pantai untuk jepret sana jepret sini.

From Pantai Barat …
From Pantai Barat …

Istirahat satu jaman, kami pun harus berburu makanan untuk santap makan malam; sambil kami berkeliling malam hari di Pantai Barat, Pantai Timur, sampai dengan Pasar Ikan. Akhirnya perjalanan malam di Pantai Pangandaran kami tutup dengan hidangan nasi goreng. Hari berganti, setelah sepagian kami menghabiskan waktu di Pantai Timur Pangandaran, kami pun kembali menjelajah Pantai Barat Pangandaran. Wow .. hari Minggu itu ramai sekali oleh pengunjung, pedagang, dan penjaja jasa perahu dan juga pelampung dan ban.

From Pantai Barat …
From Pantai Barat …

Setelah kami menjelajah ke tengah laut dan mendarat di Pantai Pasir Putih berikut Cagar Alam Pananjung, kami pun kembali berjalan menyusuri sepanjang Pantai Barat untuk mendapatkan pemandangan yang beragam. Puas dech .. sampai hari mulai lepas dari siang dan kami harus segera meninggalkan Pantai Pangandaran untuk kembali ke Bandung.

From Pantai Barat …

Obyek Wisata Jawa Barat:
[Pantai Barat Pangandaran][Pantai Timur Pangandaran][Cagar Alam Pananjung][Pantai Karang Nini][Kawah Kamojang][Situ Bagendit][Candi Cangkuang & Kampung Pulo]

Iklan

17 thoughts on “Pantai Barat Pangandaran – Jawa Barat

  1. Ping-balik: Panduan Wisata di Bandung « Sewa Mobil Jakarta hanya di www.jatrofatrans.com

  2. Ping-balik: 1001 Tempat Wisata di Bandung « Adhi Fajrin

  3. Ping-balik: 1001 Tempat Wisata di Bandung « Cahayanaufa's Blog

  4. Ping-balik: Tempat-tempat wisata di Bandung dan sekitarnya.. « vanillafrenzzblue

  5. Ping-balik: Berakhir Pekan di Bandung « chris’GALLERY

  6. Ping-balik: 1001 Tempat Wisata Di Bandung « agitator95

  7. Ping-balik: 1001 wisata di bandung « nesdha

  8. Ping-balik: Tempat Wisata di Bandung « Wanita Cantik

  9. Ping-balik: Daftar Tempat Wisata Di BANDUNG | yulyanayuli

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s