Berkemah di Bumi Perkemahan Kampung Cai Ranca Upas, Ciwidey Bandung Selatan (1)

Petang hari itu suasana di Bumi Perkemahan Kampung Cai Ranca Upas semakin gelap dan kabut mulai turun menyelimuti kawasan tersebut. Rombongan kami yakni Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta Angkatan 1995 (KATY95) berkumpul di bagian tengah dari area perkemahan kami dan menyantap makan malam yang disponsori oleh Bebek Kaleyo Mas Hendri, salah satu anggota KATY95. Setelah sembahyang Magrib, kami memulai acara malam yang ditemani oleh Api Unggun.

Semakin malam cuaca kami rasakan semakin dingin dan menjadi amat sangat dingin. Erina, anak sulung kami yang duduk di kelas III SD, sampai mengatakan kalau badannya gemetar meski sudah mengenakan jaket tebal, berselimutkan sleeping bag dan bed cover tebal. Putri, anak kedua kami yang masih TK Besar, terlihat tidak nyenyak tidurnya. Bagian dalam tenda yang bagian luarnya sudah didobel dengan cover tenda pun terlihat basah seluruhnya, hingga kami berusaha untuk tidak menempel ke tenda. Rasanya pengen sekali segera pagi, supaya dinginnya malam segera sirna.

Sementara, beberapa rekan kami duduk atau tidur di sekitar api unggun yang terus menyala. Di antaranya memainkan gitar dan bernyanyi bersama untuk menghibur para peserta yang sudah tertidur dan untuk mencoba menghilangkan rasa dingin yang terus menerpa. Lagu-lagu kenangan khas berkemah seperti lagu-lagunya Iwan Fals, Kla Project, Slank, dan lainnya pun terus didendangkan. Kami sendiri merasa sangat terhibur di malam itu, kami tetap berada di dalam tenda karena harus menjaga anak-anak yang merasa sangat kedinginan hingga tidak dapat tidur dengan nyenyak. Ayo pagi hari, lekaslah datang!

DSC_0716

:: Acara Api Unggun di malam hari ::

Pagi yang kami nantikan pun mendatangi kami. Pukul 06:00 pagi, semburat oranye pun mulai terlihat dari sela-sela pohon di area perkemahan dari arah timur terbitnya matahari. Hangat cuaca segeralah datang. Sementara itu, beberapa peserta kemah mengelilingi api unggun yang terus menyala sejak malam hari.

IMG_5133

:: Pagi hari yang kami nantikan pun mendatangi kami di Bumi Perkemahan Ranca Upas ::

IMG_5126

IMG_5176

:: Anak-anak dan beberapa orang dewasa mencari kehangatan di sekitar api unggun meski jarum jam akan segera menunjukkan pukul 07:00 pagi ::

IMG_5139

:: Anak-anak mulai sarapan pagi dengan bekal makanan yang kami bawa ::

Setelah sarapan pagi, di antara para peserta yang mendedikasikan dirinya menjadi panitia acara permainan anak segera bersigap untuk melaksanakan acara. Panitia mulai memanggil anak-anak untuk berkumpul di bagian tengah dari area perkemahan kami yang sengaja dibuat melingkar. Anak-anak diberi briefing untuk setiap cabang permainan yang dilombakan dan juga diberi kesempatan untuk mencobanya sebelum permainan dimulai. Di antara permainan-permainan tersebut adalah memindahkan balon dengan punggung, memindahkan kelereng dengan sendok di mulut, mengambil balon dengan mata tertutup, dan adu cepat makan kerupuk.

IMG_5154

IMG_5149 IMG_5186

:: Semua peserta menikmati serunya aneka permainan yang dibuat untuk anak-anak ::

Keterangan:

  1. Beberapa gambar adalah hak cipta rekan-rekan KATY95.
  2. Bersambung ke Bagian (2).
Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s