Perjalanan Bandung – BSD Serpong

BSD Serpong menjadi tujuan liburan akhir pekan ini dikarenakan adanya undangan pernikahan seorang sahabat yang dilangsungkan di Gereja Laurensius Alam Sutera. Mengapa BSD menjadi pilihan? Sebetulnya saya kurang begitu paham dengan seluk beluk Serpong, namun dari informasi seorang sahabat yang lain Ocean Park yang berlokasi di BSD dapat menjadi alternatif berlibur bagi anak-anak.

Seminggu sebelum hari H kami mulai browsing dengan Google dan kami menemukan beragam atraksi Ocean Park yang sangat menarik bagi anak-anak kami yang berusia 4 dan 8 tahun. Melalui Booking.com, kami pun memesan hotel yang berlokasi tidak jauh dari Teraskota Mall yang juga tidak jauh dari Ocean Park BSD. Ini adalah pengalaman memesan hotel ketiga secara online via Booking.com setelah sebelumnya traveling ke London dan Singapura.

Karena acara pernikahan akan dilangsungkan pada hari Sabtu pukul 12:00 siang, kami berangkat dari Bandung pukul 06:30 dengan harapan pukul 11:00 dapat tiba di Serpong. Setelah memenuhi tangki bahan bakar dengan Shell Super di Jalan Pasteur, kami memulai perjalanan dengan santai via Pintu Tol Pasteur menuju Ruas Tol Purbaleunyi arah ke Jakarta. Anak-anak cukup menikmati perjalanan dengan berbagi tempat duduk baris kedua untuk si bungsu dan baris ketiga untuk si sulung sambil menikmati alunan musik atau tontonan film kartun melalui layar LCD.

Perjalanan kami hentikan sejenak di Rest Area KM97 Purwakarta untuk sarapan pagi. Bubur ayam/sapi di Kedai Mandiri menjadi pilihan kami untuk sarapan, selain batagor yang merupakan favorit istri saya. Rupanya anak-anak cukup menikmati wisata perjalanan ini, menikmati perjalanan dalam kendaraan pun demikian menikmati sarapan pagi. Bagi kami, beristirahat untuk sarapan pagi di rest area merupakan satu kenikmatan tersendiri dalam berwisata.

Perjalanan kami lanjutkan dengan santai dengan memasang kecepatan di angka 100, kami memilih lajur tengah dari Jalan Tol Jakarta Cikampek yang merupakan lanjutan dari Jalan Tol Purbaleunyi. Setelah membayar tol di Cikarang Utama sebesar 48.500 dan melanjutkan perjalanan sampai sekitar Pintu Tol Pekayon di KM 13, kami mulai mengambil lajur yang kiri untuk keluar dari Jalan Tol Jakarta Cikampek dan masuk ke Jalan Tol Lingkar Luar (Jakarta Outer Ring Road, JORR) via Pintu Tol Cikunir di KM 9.5 dari Jalan Tol Jakarta Cikampek yang bertarif 8.500.

Hari Sabtu ini JORR terlihat lancar tidak semacet beberapa kali perjalanan dinas saya ke daerah Ciputat pada hari kerja. Perjalanan kami teruskan sampai keluar di Pintu Tol Serpong dan kami teruskan sampai hotel yang kami pesan. Pukul 10:30 kami sudah mulai melakukan check-in hotel sehingga total perjalanan kami dari Bandung-Serpong memakan waktu empat jam. Kami beristirahat sejenak dan bersiap menuju lokasi pernikahan seorang sahabat kami.