Mudik 2013: Perjalanan Bandung-Yogyakarta-Klaten via Jalur Selatan

Setelah terakhir kali kami mudik pada akhir tahun 2012 (Perjalanan Bandung-Yogya dan Perjalanan Yogya-Bandung), pada bulan September 2013 kami sekeluarga kembali melakukan perjalanan antar-kota antar-provinsi yakni dari Kota Bandung di Provinsi Jawa Barat menuju Kota Yogyakarta di Provinsi DIY dan dilanjutkan menuju Kota Klaten di Provinsi Jawa Tengah (tepatnya di Polanharjo, Delanggu). Kembali mengikuti rute jalur selatan, Bandung-Yogyakarta berjarak sekitar 400km, dan ditambah Yogyakarta-Delanggu (Polanharjo) berjarak sekitar 50km, jadi total jarak yang kami tempuh adalah 450km. Seperti bulan Desember 2012 lalu, kami mengendarai Avanza G A/T 2011 (Generasi 1).

Bandung – Tasikmalaya – Ciamis

Kali ini kami berangkat dari Bandung pada Jumat sore yakni pukul 17:00, dengan pertimbangan kami akan menginap di Ciamis (kira-kira 4 jam dari Bandung) atau Banjar (kira-kira 4.5 jam dari Bandung). Mudah saja memperkirakan berdasarkan pengalaman kami, Bandung-Tasikmalaya paling cepat dapat ditempuh selama 3 jam; namun untuk sore hari yang kemungkinan lalu lintas akan sedikit lebih padat di jalur Bandung-Cileunyi-Rancaekek maka kami memperkirakan akan tiba di Tasikmalaya setelah 3.5 jam atau sekitar pukul 20:30. Tasikmalaya-Ciamis berjarak kurang lebih 20 km yang seringnya dapat ditempuh dalam waktu 30 menit.

Kami bergerak santai dari Cikutra (sekitar Taman Makam Pahlawan) ke arah timur menuju Cicaheum dan Ujung Berung. Kondisi jalan padat seperti biasanya, dan sebetulnya kami dapat mengambil jalur alternatif melalui Jalan Rumah Sakit kemudian masuk Jalan Soekarno-Hatta menuju Cibiru, namun saat itu ada patroli petugas yang menutup arus lalu lintas dari arah Cicaheum belok kanan ke Jalan Rumah Sakit. Kami tetap di jalur utama yakni terus menuju Pasar Ujung Berung, Cibiru dan Cileunyi. Masuk di Rancaekek kondisi jalan kurang baik karena seringnya banjir di daerah tersebut, namun kendaraan kami dapat terus melaju dengan santai.

Dari Rancaekek kami terus menuju ke arah timur sampai di Jalan Cagak yakni pertigaan setelah turunan Nagrek, jika lurus akan menuju Tasikmalaya via Malangbong dan jika ke kanan akan menuju Garut (dapat juga dilanjutkan ke Tasikmalaya via Singaparna – namun kami belum pernah mencoba jalur tersebut yang katanya berkelok-kelok). Kami tetap mengikuti jalur utama karena kondisi lalu lintas tidak ramai, dan benar saja kami tiba di Tasikmalaya sekitar pukul 20:15, mendekati setengah sembilan malam.

Masih cukup segar kami pun melaju santai ke arah timur dan tiba di perbatasan Kota Ciamis “Manis” pada pukul 20:45. Sambil beristirahat sejenak untuk mencari hotel yang cukup nyaman untuk kami beristirahat, kami membeli nasi goreng di pinggir jalan yang dibungkus untuk makan malam di hotel. Melanjutkan perjalanan pelan-pelan kami menengok ke kanan dan ke kiri untuk mencari hotel yang kelihatan akan nyaman ditinggali. Sebelumnya kami mencoba mencari di Internet, namun informasi hotel di Ciamis sangatlah minim bahkan di Agoda.com maupun Booking.com. Sekilas kami melihat di sebelah kanan ada Hotel Tyara yang kami kira cukup bagus, namun kami tetap bergerak sambil mencari alternatif yang lain. Melewati Alun-Alun Kota Ciamis kami tidak menemukan alternatif yang cocok, kami pun langsung belok kanan untuk memutar kembali menuju Hotel Tyara. Masih ada kamar, dan kami memilih kamar tipe Deluxe seharga Rp 385.000. Kami pun cocok dengan kondisi kamar yang kami kira cukup baik untuk anak-anak beristirahat.

Usai sudah perjalanan hari ini, kami bermalam di Ciamis dan akan melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta dan Klaten pada keesokan harinya. Kami tidak terburu-buru sampai tujuan, sehingga kami akan menikmati kota Ciamis sampai lumayan segar kembali esok hari untuk melanjutkan perjalanan.

Selamat pagi para sahabat, pada pagi hari ini kami masih berada di Hotel Tyara Ciamis dan sementara kami menikmati pagi hari di halaman belakang hotel setelah sarapan pagi yang telah disediakan di ruang sarapan. Kami rasa kami sudah cukup beristirahat dan akan melanjutkan perjalanan kembali pada pukul 09:00 pagi.

2013-09-05 08.46.40

:: Sebelum melanjutkan perjalanan, kedua putri kami berfoto di depan hotel ::

Banjar – Majenang – Wangon

…to be continued

Buntu – Gombong – Kebumen – Purworejo

…to be continued

2013-09-05 12.25.14

:: Menu makan siang khas Blora di sekitar Tambak, Jawa Tengah ::

Yogyakarta – Klaten – Delanggu

…to be continued

2013-09-06 07.16.53

:: Disambut dengan belut goreng Delanggu untuk santap makan malam ::

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s