Berkeliling Kota dan Berburu Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

Selesai acara resmi, kami masih memiliki waktu barang 2-3 jam sebelum petang untuk berkeliling Kota Banjarmasin. Berdua dengan rekan kami mencoba untuk mencari kendaraan dari sekitar Bundaran Jalan MT. Haryono. Ada beberapa taksi kami datangi, kami tanyakan tarif ke Rumah Sakit Ulin di Jalan A. Yani yang berjarak kurang lebih 2 km saja ternyata minta 50ribu. Kami pun urung naik taksi dan akhirnya memilih naik becak saja yang meminta tarif 15ribu. Keliling Kota Banjarmasin dimulai!

IMG_1392

:: Jepretan pertama dari atas becak di Banjarmasin, ini penjaja makanan apa coba? ::

IMG_1393

:: Wajah Kota Banjarmasin di Jalan Pangeran Samudera ::

IMG_1413

:: Menyeberang Sungai Martapura ::

IMG_1426

IMG_1443

IMG_1450

:: Pemandangan Kota Banjarmasin dari Bundaran MT Haryono menuju Rumah Sakit Ulin ::

Mengapa kami memilih Rumah Sakit Ulin sebagai tujuan pertama agenda keliling Kota Banjarmasin? Kami sempat diberitahu oleh seorang kolega dari Banjarmasin, bahwa di dekat Rumah Sakit Ulin ada ruko yang menjual makanan atau oleh-oleh khas Banjarmasin. Namun setelah kami tiba di depan Rumah Sakit Ulin dan bertanya kepada beberapa orang di sana, kami tidak berhasil menemukan ruko yang dimaksud. Dan kami pun diarahkan untuk menuju ke pusat oleh-oleh Andalas di Jalan Perintis Kemerdekaan, Banjarmasin.

Kami pun mencoba pengalaman unik berikutnya yakni dengan naik bajaj. Tukang bajaj meminta tarif 25ribu untuk membawa kami dari Rumah Sakit Ulin di Jalan A. Yani ke Pusat Oleh-Oleh Andalas di Jalan Perintis Kemerdekaan. Wah .. rupanya kami sering sekali menyisir dan menyeberangi Sungai Martapura yang tersohor di Kota Banjarmasin.

IMG_1457

:: Pemandangan Sungai Martapura di Banjarmasin ::

IMG_1470

IMG_1474

:: Pusat Oleh-Oleh Kalimantan Andalas: amplang, kuku macan, abon, dodol, gabin samarinda, rimpi, kacang jaruk, ikan saluang, ikan sepat, aneka kerupuk, lempok durian, dll. ::

IMG_1476

:: Ini dia makanan khas Kalimantan, kuku macan ::

Kami pun minta berhenti di perempatan Jalan Perintis Kemerdekaan. Bertanya kepada orang di sana, kami pun diarahkan untuk berjalan kaki menyisir Jalan Perintis Kemerdekaan. Akhirnya kami pun tiba di Pusat Oleh-Oleh Andalas, dan langsung memilih aneka makanan yang kami sukai untuk dibawa pulang ke Bandung keesokan harinya.

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s