Tegang, Perjalanan Cianjur ke Bandara Soekarno-Hatta Jakarta

Ini adalah perjalanan paling dheg-dhegan bagi saya, dheg-dhegan karena khawatir tertinggal pesawat.

Pada hari Kamis, tanggal 6 Desember 2012, pukul 07:00 saya beserta rombongan meluncur dari Bandung ke Cianjur menuju satu lokasi kegiatan riset di sana. Karena saya harus naik pesawat ke Mataram/Lombok pada malam hari dengan jadwal Lion pada pukul 07:55, saya mulai meninggalkan Cianjur dengan bus Marita jurusan Cianjur-Terminal Kampung Rambutan Jakarta yang saya dapatkan pada pukul 13:30.

Jalur yang ditempuh adalah Cianjur-Puncak-Ciawi-Citereup-Kampung Rambutan. Perjalanan dari Cianjur sampai depan gerbang Taman Safari di Cisarua cukup lancar. Mulai dari Taman Safari kendaraan mulai merayap khususnya karena beberapa titik kemacetan termasuk di depan Pasar Cisarua. Merayap terus sampai mendekati pintu tol Ciawi dengan banyak waktu dihabiskan untuk merayap. Sempat ketar ketir selama merayap, bus pun melaju kencang di tol melahap sekitar 57km dari Ciawi sampai Kampung Rambutan.

Pukul 16:30 atau setelah tiga jam perjalanan, tibalah saya di Terminal Kampung Rambutan. Turun dari bus langsung disambut oleh pemuda-pemuda yang menawarkan informasi perjalanan ke Jawa. Saya langsung menuju lokasi pemberhentian Bus Damri jurusan Kampung Rambutan – Bandara Soekarno-Hatta atas bantuan kenalan penumpang bus Marita. Naik ke dalam bus Damri yang masih sepi, seorang petugas Dishub menarik biaya peron Rp 1000 per penumpang.

Selang 15 menit, bus yang berisi penumpang hanya belasan penumpang sehingga bus terlihat kosong pun mulai bergerak. Bus mengambil jalur Tol Dalam Kota Jakarta. Sejak masuk Tol Cililitan, Cawang, sampai dengan Slipi kendaraan merayap super lambat. Pukul 18:00 bus masih terjebak di Cawang, Bandara masih sekitar 35 km lagi. Pukul 18:50 bus melewati Slipi dan baru bisa ngebut. Sumringah dan sedikit bisa duduk enak tanpa harus sering melihat maps.google di smartphone untuk mengukur jarak hehe ..

Beruntung jalan Tol Kapuk sampai dengan Tol Bandara Soekarno-Hatta sangat lancar sehingga saya tiba di Terminal IA pada pukul 19:20. Kebetulan saya sudah dibantu check-in oleh rekan saya yang telah tiba lebih dulu (Primajasa Bandung-Bandara lewat Tol Dalam Kota Jakarta berangkat 14:00 dari Batu Nunggal dan tiba di Terminal Bandara IA pas pada pukul 18:00). Kata pihak counter Lion, checkin ditutup pukul 19:10 untuk jadwal take-off pukul 19:55 atau 45 menit sebelum keberangkatan. Saya bergegas menuju Counter 12 yang telah memproses checkin saya, menunjukkan printout tiket dan KTP saya pun mendapatkan boarding-pass saya.

Membayar airport tax domestik sebesar Rp 40.000, saya langsung menuju boarding room di Gate A4 dan berjumpa dengan tiga orang rekan saya. Duduk 2 menit menikmati Roti Boy pemberian rekan saya dan makan 1 tablet Poldan Mig untuk mengusir migrain, kami telah dipanggil untuk segera memasuki pesawat. Pukul 20:05 Boeing 737-900ER yang memiliki tempat duduk sampai nomor 38 (mungkin sekitar 228 seat) take-off dengan mulus menuju Mataram/Lombok.