Kalau ada kesempatan piknik ke Bandung, jangan lupa mampir ke pusat sepatu dan tas Cibaduyut. Di sana murah-murah.

Kurang lebih itu menjadi pembicaraan orang yang sering saya dengar. Saya sendiri seringkali datang ke Cibaduyut untuk menjumpai atau mengantar orang tua, saudara, atau famili dan teman yang kebetulan sedang berlibur ke Bandung.

2013-06-18 16.47.26

Di sepanjang Jalan Cibaduyut Bandung, kita bisa melihat toko-toko yang berjejer memajang dagangan yang didominasi oleh tas dan sepatu. Kalau kita masuk ke dalamnya, kita dapat menemukan lebih banyak lagi. Ada pakaian termasuk jaket kulit, tas kulit, tas gendong, dompet, ikat pinggang, boneka, sandal, dan lain-lain. Harganya pun bervariasi, mulai dari beberapa puluh ribu saja sampai dengan ratusan ribu rupiah.

Banyak tempat parkir di sana. Pakai sepeda, sepeda motor, mobil, sampai bus besar pun tidak akan kesusahan mencari tempat parkir di Cibaduyut. Saya ingin berbagi cerita seputar Area Parkir Oval Cibaduyut, salah satu area parkir (bus) di Cibaduyut yang cukup besar. Saya sendiri sering sekali ke tempat ini karena ingin berjumpa dengan sanak famili yang sedang berwisata ke Bandung.

2013-06-18 17.02.53

:: Area Parkir Oval yang selalu ramai dengan bus-bus dari luar kota Bandung ::

Di dalam Area Parkir Oval, begitu turun dari bus para pengunjung akan disuguhi oleh deretan toko-toko yang menjajakan berbagai macam barang dan makanan. Di sini tersedia makanan khas Bandung yang dapat dijadikan oleh-oleh, seperti aneka keripik tempe dan oncom, aneka dodol dan wajit, selai pisang kering dan basah, keripik nangka, peuyeum, tahu sumedang, dan sebagainya. Bahkan pengunjung pun dapat memilih keripik tempe yang baru diangkat dari wajan penggorengan baik untuk dibawa atau dimakan di tempat, selagi masih anget lebih nikmat. Harga jual beberapa makanan memang umumnya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan pusat oleh-oleh di Pasar Baru, Jalan Otto Iskandardinata. Tapi tiada apalah coba ditawar saja biasanya mau turun barang seribu-duaribu rupiah per kilonya, para pengunjung lebih repot jika harus ke Pasar Baru dan bermacet ria di sana.

2013-06-18 16.49.18

2013-06-18 16.49.41

:: Aneka makanan khas Bandung untuk oleh-oleh; kalau beli banyak bisa minta tambahan ::

2013-06-18 16.46.37

:: Aneka sepatu, sandal, dan tas di Cibaduyut; jangan lupa ditawar harganya ya ::

Nah, salah satu favorit saya adalah menikmati Cibaduyut pada petang dan malam hari. Suasananya lebih asik dan romantis bagi Anda yang membawa pasangan atau membawa keluarga. Cobalah para sahabat …

2013-06-18 17.37.55

:: Menikmati petang dan malam hari di Cibaduyut ::

Tips Wisata Cibaduyut

Sejauh pengalaman saya 18 tahun di Bandung, para penjual barang atau makanan di pasar, pasar emperan, atau pertokoan di Bandung (tidak hanya di Cibaduyut) cukup ramah. Silakan menawar harga/diskon sebagai bagian dari seni jual-beli, apalagi bagi para sahabat yang akan puas membeli barang setelah berhasil menawar barang sekian ribu rupiah. Sebagai contoh: harga sepatu diskon 10%, cobalah tawar minta diskon sampai 20 atau 25% misalnya; harga dodol 20.000 per kg, cobalah tawar 15.000 atau 16.000 per kg. Memang belum tentu dikasih sesuai permintaan, tapi setidaknya siapa tahu dapat turun harga kan.