Perjalanan ke Waingapu, Sumba Timur

Jam tangan menunjukkan pukul 05.10, ketika saya telah tiba di Bandara Husein Sastranegara Bandung. Saya melihat Mas Hanggo dan Mas Fajar dari Wastama telah berada di ruang tunggu. Ya, Senin pagi itu kami bersiap melakukan perjalanan ke Waingapu, Kab. Sumba Timur dalam rangka suatu perjalanan dinas dari PP TIK ITB.

Perjalanan ini adalah kunjungan ke-2 Tim PP TIK ITB setelah kunjungan pertama yang dilakukan oleh Pak Armein Langi dan Pak Joko Siswanto pada akhir tahun lalu. Pada perjalanan dinas ini kami telah mengantongi beberapa agenda di antaranya adalah presentasi bersama WVI di depan Bapak Bupati berikut jajarannya, survey sekolah, survey desa, dan survey pendukung.

Pesawat yang membawa kami adalah Merpati, dengan tujuan penerbangan Boeing-737 Bandung-Denpasar (transit Surabaya) 06.05–09.25 dan dilanjutkan dengan penerbangan Fokker DC-100 Denpasar-Waingapu 12.45–13.55.

Setelah membayar airport tax sebesar Rp 25.000, kami pun menuju ruang tunggu keberangkatan. Kami berangkat dari Bandung pada pukul 06.05. Ini adalah perjalanan udara pertama ke arah timur dari Bandara Husein. Di menit-menit awal saya sungguh menyaksikan pemandangan yang luar biasa. Hamparan pegunungan dan gunung-gunung di Jawa Barat ini terlihat indah sekali.

Setelah terbang selama 20 menit, pilot mengatakan bahwa kami telah berada di atas Kota Semarang. Ya .. lebih cepat 7 jam 40 menit jika kami harus menggunakan Kereta Harina jurusan Bandung-Semarang yang berangkat jam 20.30 setiap harinya. Sekitar satu jam perjalanan kami telah mendarat di Bandara Juanda Surabaya. Kami keluar pesawat, mengambil boarding pass transit, dan menunggu penerbangan berikutnya selama 30 menit.

Perjalanan berikutnya kami tempuh dalam waktu 40 menit, dan kami mendarat di Bandara Ngurah Rai, Denpasar pada pukul 10.30 waktu Indonesia bagian tengah. Kami dipersilakan untuk turun, melapor dan mendapatkan boarding pass Denpasar-Waingapu, dan menunggu untuk perjalanan berikutnya dengan pesawat lain.

IMG_0797

:: Makan siang di Bandara Ngurah Rai Denpasar ::

Setelah dua jam menunggu di Bandara Ngurah Rai, Denpasar kami pun melanjutkan perjalanan ke Waingapu, Sumba Timur.

IMG_0805

:: Pemandangan sesaat setelah lepas landas dari Denpasar menuju Waingapu ::

Setelah menempuh perjalanan selama 1 jam 10 menit, pesawat mendarat di Bandara Mau Hau, Waingapu pada pukul 13.55.

IMG_0837

:: Pemandangan sesaat akan mendarat di Bandara Mau Hau, Waingapu ::

DSC_4849

IMG_0848

:: Saya dan Hanggo untuk pertama kalinya datang di Waingapu, Sumba Timur ::

Rupanya kami mendapat kehormatan karena dijemput sendiri oleh Bapak Amsal Ginting. Ada bersama beliau adalah Mas Sam, dari Malaysia yang juga baru saja tiba di Waingapu dari Jakarta. Kami juga sempat diperkenalkan dengan Mas Doni, orang yang mengerti betul seluk beluk IT di Kantor Pemda Kabupaten Sumba Timur.

Ini adalah pertama kali saya menginjakkan kaki di Pulau Sumba, tepatnya di Kota Waingapu ibukota Kabupaten Sumba Timur. Kesan pertama, cuaca cukup panas seperti Kupang saya rasa, meskipun kemudian Pak Amsal mengatakan kalau sejatinya Waingapu terasa lebih panas daripada Kupang. Namun demikian, saya tetap menikmati seperti ketika saya datang ke tempat-tempat baru yang lain.

About these ads

38 thoughts on “Perjalanan ke Waingapu, Sumba Timur

  1. andry berkata:

    salam kenal pak.. kenalkan nama sy andry… sy sumba asli tapi skrg sedang menuntut ilmu di semarang..
    kalo ke waingapu lagi maen ke rumah sy aja pak… rumah sy di matawai..

    Terima kasih banyak Mas Andry. Ada kesempatan ke Waingapu lagi saya akan mampir. Salam saya.

  2. rambu sera berkata:

    hai….
    sy rambu sera….
    nak wgp jga yg lg kul d jogja…wah mang wgp keren abis klo d foto ….haammm jdi kangen wgp nich…..
    thanks

  3. Div Widiv berkata:

    saya widiv……(jogja)
    Dah beberapa kali mudik ke Waingapu.Maklum istri saya kan asli waingapu.jd inget kali pertama nyobain makanan khas Sumba Timur.kalo ga salah namanya Manggulu ma gula lempeng.hehehe rasanya agak aneh gitu,tp lumayan enak sih.oiya sy jg pernah nyobain Minuman Khas org Sumba ” Panaraci”.yg ga tau kandungan Alcoholnya brp % tuh.Hmmm…Lumayan bisa bikin Pening2 dikit,ga jauh2 ma Jack Daniels lah.xixixixxiixi.jd kangen Mo Mudik lg nih…key moga taun depan dapet cuti dr kantor.Thanks…..

  4. syafrudin berkata:

    udah,,, kangen juga sama waingapu,,,,nihhh, saya tinggal. di daerah preliu, wahhh. pengen lagi liat lomba kuda di stadion… . waktu di sana sore sore sering nongkrong di batas kota Tugu kuda pasola…. lupa … udah daerahnya…. kalo minuman nya dari pohon enau itu namanya… moke……… hahahahaha rasanya kayak…. sepirtus… wah saya pengen beli kain sumba…. tp waktu itu kalo di waingapu harga nya mahal,,, tp kami beli di hari pasar didesa-desa harga jauh sangat murah.. tapi memburu desa hari pasarnya juga jauh… tapi asikkkk.

  5. syafrudin berkata:

    udah,,, kangen juga sama waingapu,,,,nihhh, saya tinggal. di daerah preliu, wahhh. pengen lagi liat lomba kuda di stadion… . waktu di sana sore sore sering nongkrong di batas kota Tugu kuda pasola…. lupa … udah daerahnya…. kalo minuman nya dari pohon enau itu namanya… moke……… hahahahaha rasanya kayak…. sepirtus… wah saya pengen beli kain sumba…. tp waktu itu kalo di waingapu harga nya mahal,,, tp kami beli di hari pasar didesa-desa harga jauh sangat murah.. tapi memburu desa hari pasarnya juga jauh… tapi asikkkk.
    Temen saya sekarang udah pindah ke Kaltim gelar nya jadi Umbu Mehang…..

  6. alvi berkata:

    saya warga jawa aslii. pengen sekali ke wangingapu ketemu cintaku di sana dia dinas disana gak pernah pulang jarang sekali.. emm kota yang indah napaknya bisa di publikasikan lagi foto foto disana thas

  7. Rida Jogja berkata:

    huwa……. suami q rencana dpt tugas di waingapu
    setelah liat di google map ternyata jauh amit…..
    apakah waingapu kota yg cukup indah? ada pariwisata apa aja disana? gmn makananna? perjalanan na dr jogja gmn? ada hiburan apa ja disana? apa yg terkenal disana?

    Hehe .. sebetulnya tidak jauh, hanya saja transportasi udara ke Waingapu masih terbatas. Saat ini yang saya tahu ada adalah Merpati Denpasar-Tambolaka-Waingapu, Merpati Kupang-Waingapu, Batavia Air (Jakarta-Waingapu) dan Trans Nusa (Kupang Waingapu). Pengalaman saya naik Merpati ke Waingapu, seatnya cukup terbatas sehingga sering menunggu beberapa waktu untuk mendapatkan tiket ke Waingapu.

    Buat saya kota Waingapu hampir sama dengan kota-kota kecil lain di Indonesia. Akan menarik kalau keluar kota Waingapu, melihat pemandangan yang tidak biasa .. karena akan banyak dijumpai padang rumput yang sangat luas. Jadi wisatanya buat saya adalah jalan-jalan ke padang rumput (savana) hehe ..

    Untuk makanan jangan kuatir ada banyak di sana. Banyak makanan bercita rasa nusantara termasuk masakan Jawa, masakan China, masakan Padang, masakan ikan bakar khas Waingapu, dll.

    Kalau perjalanan dari Yogya, saya kira bisa menggunakan pesawat dari Denpasar-Waingapu. Yogya ke Bali-nya ada banyak pesawat atau naik Bus Safari D atau yang lain sambil menikmati perjalanan darat dan laut hehe ..

    Selamat ya ..

  8. Etha berkata:

    Waingapu adalah kota yang indah penuh dengan budaya yang masih dipegang teguh. Aku sudah menghabiskan waktu kurang lebih 11 tahun hidup di tanah Matawai Amahu Padja Djara Hamu walaupun sebenarnya saya bukan asli lahir di sini. Namun aku suka karena disinilah tempat aku mendapatkan jodoh dan akan kukenang selalu. Aku kangen pulang Waingapu karena sekarang aku menimba ilmu di Surabaya. Waingapu….engkau memang patut dirindukan.

  9. rahmawati berkata:

    duch jangan ngomong do…ng tentang waingapu, bkin nambah kangen aja, slama dijakarta saya dah 11 tahun g’balik2 kesana, yach sejak smp sampe kuliah, padahal dah kangen banget ama kampungku dilewa yang klo mo ketempat pacuan kuda dekat banget…., siapa yg mo pulang kampung bulan juli or agustus barengan dong…. :)

    • Halo Rahma, perkenalkan saya faisol. Bulan depan insya allah saya akan ke sumba timur, lebih tepatnya Desa Tanarara. Kalau boleh tahu kalau dari Waingapu ke Desa Tanarara naik apa ya? berapa kira-kitra harganya? selain itu transportasi apa saja yang tersedia di sana? Thanks.

  10. adhi prasetyo berkata:

    minta infonya pak…
    klo dari skitar solo/jogja mau ke waingapu kira2 bgm?
    trus costnya kira2 brapa?

    Ke Bali dulu Pak, ada pesawat Merpati Denpasar-Waingapu via Tambolaka. Atau naik Batavia Air dari Jakarta ke Waingapu.

  11. Umbu Alwan Pa, SP berkata:

    nama saya Umbu Alwan Pa…saya rindu pulang ke waingapu, tpi blum sempat2…saya ingin melihat kampung orang tua saya. makasih untuk infonya..

  12. Umbu Alwan Pa, SP berkata:

    my name Umbu Alwan Pa (Papua Barat)…saya rindu pulang ke waingapu, tpi blum sempat2…saya ingin melihat kampung orang tua saya.

  13. ayu berkata:

    Bangga jadi Orang Sumba Timur yg Memiliki tanah yg hijau dan Budaya yang Cantik…
    Cinta Dan Do’a slalu buat Mu Sumba kU…

    • Saya pernah tertempa 11 tahun di Waingapu……, Kawangu..Kambaniru..Praliu..Payeti.., adalah tempat – tempat yang tidak terlupakan. sungguh pengalaman yang luar biasa selama saya berdinas di Waingapu pada tahun 1983 s/d. 1994, Pada suatu saat Saya akan ajak keluarga ke Waingapu. Semoga Waingapu kelak menjadi kota yang Maju, Berbudaya, Beradab, dan Makmur penduduknya…. Amiiin.

  14. waingapu adalah kota yang nyaman, indah dan yang jelas penduduknya yang ramah tamah.
    saya sebagai salah satu masyarakat yang aslinya dari sumba timur sangat bangga bila bercerita mengenai keadaan kota waingapu yang damai…
    pengennya setelah liburan kali ini langsung pulang ke waingapu, karena saya kangen dengan waingapu dan orang tua ku…

  15. Albert Budi Santoso berkata:

    Wah aku jadi kangen untuk ke Waingapu laggeeee… Setahun aku ada di sumba timur (tinggal di GBI kampung Baru)…
    Berangkat naik Kapal Awu, pulangnya naik Batavia dari Umbu Mahang Kunda sampae Juanda

    selama disana ikut ke daerah2 untuk proyek PNPM pengadaan Genset di daerah sekitar wanggameti, watumbaka, melolo, sayangnya aq belum pernah ke waikabubak & waitabula….

    suatu saat aq pingin maen lagi ke sana

    Salam buat Saudara2 di Sumba Timur…

  16. andi berkata:

    Salam kenal, blm pernah ke Waingapu, tp kok jd pengen yah, katanya ombak pantai Nihiwatu bisa u/surfing,…pariwisata yg diandalkan disana ada apa saja?

  17. ranggawic berkata:

    salam kenal..kebetulan saya baru pulang dari waingapu kemaren..cuaca di sana lumayan panas, yang buat tidak menyenangkan adalah seringnya pesawat di delay sehingga harus menunggu lama, tapi overall waingapu adalah kota yang penuh dengan budaya lama yang harus kita warisi

    • ayowisata berkata:

      Betul, menurut saya Waingapu memang relatif lebih panas cuacanya dibanding kota-kota lain di Indonesia yang pernah saya datangi. Tapi dapat terobati dengan segelas es teh atau es jeruk hehe ..

      Saya pernah mengalami delay dari pagi menjadi sore hari terbangnya, dan waktu menunggu pun kami manfaatkan untuk mengeksplorasi Waingapu termasuk ke Rumah Adat dan Makam Para Raja Sumba.

  18. Muhammad Surur Alsyatry berkata:

    Berbicara tntang kota Waingapu mungkin takkan hbis-hbisnya wlaupun kotanya kecil krna Waingapu merupakan kota terbesar di pulau sumba dam merupakan kota paling aman dan damai.
    saya sangat bangga dilahirkan di tanah MARAPU, wlaupun skrg ini sy tdk brda d Waingapu sdh hmpir 6 tahun lamax. tpi mndengar pembicaraan org tntng Waingapu ju2r sy langsung merinding dan mnjdi suatu kebanggan tersendiri bagi sy.
    mungkin untuk para pendatang mata anda msih sngt bnyak yg blm terlihat.
    tetapi saya yakin anda akan puas jika k Waingapu…

    Untuk para pendatang, selamat datang sj ku ujapkan….

    • ayowisata berkata:

      Terima kasih, beberapa kali mengunjungi Kota Waingapu dan pelosoknya seperti Mbatapuhu dan Tadulajangga, saya senang sekali dengan pengalaman berada di Waingapu/Sumba.

  19. permisis sebelumnya, saya berencana melakukan perjalanan ke waingapu, saya ingin bertanya bagaimana transportasi darat yang ada di kota waingapu?adakah yang memiliki contact person ( cp) travel atau penyedia kendaraan yang ada di waingapu? terimakasih

  20. ari berkata:

    jangan lupa mampiri walau sejenak di pantai Tarimbang letaknya di desa Tarimbang …sangat mengasikkan rute menuju ke sana melewati hutan dan pegunungan dengan pemandangan yg mengasikkan …..tks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s