Tour de Pangalengan – Jawa Barat

Sekitar tahun 2005, saya dan Yosi meluncur dari Bandung ke Pangalengan untuk berburu keindahan alam sekitar di sana. Ini adalah kali kedua saya berpetualang ke daerah Pangalengan, setelah sepuluh tahun sebelumnya saya, Yosi, Marcus, Vita menjelajah Tangkuban Parahu – Pangalengan. Konon, Pangalengan adalah kota kecil sekitar 45 km dari Bandung ke arah selatan yang berhawa sejuk dan kaya dengan keindahan alam.

Perjalanan menuju ke Pangalengan dari Bandung, tepatnya di daerah Banjaran, kita akan disuguhi dengan pemandangan banyaknya sarana transportasi darat “dokar” yang ditarik oleh seekor kuda. Banyaknya “dokar” berjajar di pinggir jalan, seakan terminal kendaraan berkuda ya. Sarana trnasportasi jenis ini memang akan banyak kita jumpai di kota-kota kecil di wilayah Bandung selatan, termasuk Pangalengan dan Ciwidey.

Semakin mendekati Pangalengan, kita akan disuguhi oleh keindahan perbukitan hijau yang ditanami aneka sayuran dan buah-buahan dan juga perbukitan teh. Pangalengan cukup terkenal dengan penghasil aneka sayuran hijau yang dikirim ke beberapa kota di Indonesia. Ditambah dengan hawa yang sangat sejuk, perjalanan menuju Pangalengan akan menjadi pengalaman yang sungguh menyenangkan.

Tidak perlu khawatir jika Anda bermaksud membeli oleh-oleh atau penganan khas Pangalengan, karena di kanan kiri jalan kita akan mendapati pusat oleh-oleh khas Pangalengan. Anda bisa membeli aneka permen dengan aneka rasa seperti Milk Caramel dan Strawberry, juga Krupuk Susu, Rengginan, dan aneka Dodol Susu. Silakan lihat di foto ini di Album Wisata Pangalengan, Jawa Barat.

Selain bisa mengunjungi peternakan sapi Pangalengan, kita bisa melihat pemandangan alam seperti:

  1. Situ Cileunca Pangalengan – Jawa Barat
  2. Situ Cipanunjang Pangalengan – Jawa Barat
Iklan

15 comments

  1. istri ngajak liburan….
    bagusnya kemana yah….!!???

    Tinggal pilih lebih suka wisata pegunungan, wisata pantai, wisata kota, atau wisata belanja Mas?

  2. Jalan menuju pangalengan lebih enak keluar tol kopo atau mohama toha ya…?

    Tujuan Pangalengan kalau tidak salah Moh. Toha dech, soalnya kalau Kopo berarti ke arah Ciwidey.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s