Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu

Posted on Updated on

Salah satu tujuan utama di obyek wisata alam Gunung Tangkuban Parahu adalah Kawah Ratu. Obyek yang berjarak sekitar 30 km dari kota Bandung ini dapat ditempuh dengan mudah melalui jalur Bandung–Ledeng–Lembang (15 km) dan Lembang–Tangkuban Parahu (15 km).

Bagi pengguna kendaraan roda dua, ada jalur alternatif Bandung-Lembang yaitu melalui Dago dan Pagerwangi yang berjarak sekitar 5 km, tembus di La Oma Cafe dan Pasar Lembang. Jalan telah teraspal dengan baik, namun terdapat beberapa tikungan tajam nan curam. Asiknya kita akan menemukan pemandangan baru kota Bandung dari ketinggian.

Dari Lembang, kita akan menempuh jarak sekitar 11 km ke arah Subang untuk mencapai gerbang utama obyek wisata. Untuk dapat masuk kawasan wisata, per orang akan dikenakan tarif Rp 12.500 dan Rp 9.000 untuk mobil, Rp 4.000 untuk sepeda motor, dan Rp 17.500 untuk bus. Setelah membeli karcis kita akan menempuh jarak 4 km untuk sampai kawah utama yaitu Kawah Ratu.

Di pelataran parkir, kita mungkin akan mendapati prasasti dengan relief seperti terlihat di dalam foto. Kira-kira cerita mengenai apa ya, apakah cerita mengenai Sangkuriang dan Dayang Sumbi ibunya?

Foto berikut ini adalah pemandangan Kawah Ratu yang dilihat dari pelataran parkir dan dari sisi berlawanan. Sangat indah bukan? Meskipun kelihatannya kita dapat menuruni kawah namun sangat dilarang karena munculnya gas beracun sewaktu-waktu yang dapat membahayakan keselamatan.

Nah kalau sudah puas menikmati alam indah nan segar pegunungan, kita dapat belanja oleh-oleh khas Tangkuban Parahu seperti pakaian, boneka, aneka kerajinan tangan, jajanan seperti aneka gorengan dan ketan bakar, atau obat-obatan tradisional belerang untuk gatal-gatal dan akar kayu naga untuk rheumatik atau sakit gula.

Akhirnya selamat menikmati wisata alam Gunung Tangkuban Parahu. Saya sendiri sudah berkali-kali datang ke tempat ini lho.

39 thoughts on “Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu

    winna said:
    5 September 2009 pukul 2:14 pm

    wuihhh bandung salah satu tempat bermakna buat gue,,hehehehe,,,suka bgd alamnya…

    Terima kasih atas sharingnya.

    mardy said:
    22 Oktober 2009 pukul 12:44 pm

    aduh mazz aku ke bandung sekali kedinginan truzzzzzzzz meriyanggg.

    Waduh turut prihatin Mas. Memang harus sering-sering hehe .. Salam.

    Tyas said:
    4 Januari 2010 pukul 9:27 am

    pengen kesana deh…tapi ga tau rute..?

    yenzCooL said:
    8 Maret 2010 pukul 8:54 am

    q jua jadi pengen kesana jua,,,ve gada ongkos nie,,haha

    TS said:
    15 Maret 2010 pukul 10:54 am

    wisata di bandung memang bervariasi .. terus berkembang deh..salam

    Semoga mas, terima kasih.

    yogi said:
    16 April 2010 pukul 11:13 am

    tempat-tempat di bandung sangat bersejarah buat gw,takkan terlupakan…

    Imont IlmaNughi said:
    26 Agustus 2010 pukul 11:43 am

    Haduhh janten hoyong kadinya…tapi teu (acan) gaduh ongkos. Tapi ketang engke mah bakal gaduh. he2… (amin)

    wita said:
    29 Agustus 2010 pukul 2:51 pm

    Udah pernah kesana waktu study tour SMP,jdi pengen lagi,abiez indah banged sih pemandangannya…

    ekka said:
    18 Desember 2010 pukul 8:08 pm

    wah sebentar lagi aku ke sana sekluarga ah

    antondewantoro said:
    23 Januari 2011 pukul 3:01 pm

    Semoga sempat mampir ke sana

      suparmin said:
      19 Februari 2012 pukul 8:53 pm

      Saya sudah dua kali ke sana,ketika liburan semesteran yaitu,pada bulan Januari 2010 dan Januari 2011,sangat menajubkan,suasana yang adem dan menyenangkan, pemandangan yg sangat indah,rasanya ingin ke sana lagi,Insyaallah kalau punya rezeki,amin…..

        antondewantoro said:
        16 April 2012 pukul 4:35 pm

        betul sekali, saya pun suka

    […] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]

    1001 Tempat Wisata di Bandung « Adhi Fajrin said:
    3 September 2011 pukul 9:58 pm

    […] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]

    1001 Tempat Wisata di Bandung « Cahayanaufa's Blog said:
    20 Oktober 2011 pukul 4:31 pm

    […] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]

    boim_04 said:
    29 Februari 2012 pukul 10:52 am

    aku pngen bngt maen ke kota bandung..??
    Alm y wih…menyenangkan.?
    Kapan y q k sana….

    […] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]

    Berakhir Pekan di Bandung « chris’GALLERY said:
    21 Maret 2012 pukul 12:11 pm

    […] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]

    Obyek Wisata Bandung Utara | obyekwisataindonesia.com said:
    19 April 2012 pukul 10:53 pm

    […] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]

    1001 Tempat Wisata Di Bandung « agitator95 said:
    4 Juni 2012 pukul 11:51 am

    […] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]

    1001 wisata di bandung « nesdha said:
    30 Juli 2012 pukul 3:35 pm

    […] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]

    Tempat Wisata di Bandung « Wanita Cantik said:
    16 Agustus 2012 pukul 9:53 am

    […] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]

    mitha said:
    29 Agustus 2012 pukul 1:53 pm

    tangkuban prahu ajiiib dah lma gk berkunjung ke ksna…

    Patricia Scolastica Sinaga said:
    11 Oktober 2012 pukul 4:31 pm

    masuk ke tangkuban perahu berapa ya mas?

    nisa said:
    12 Oktober 2012 pukul 9:27 pm

    Hoyong ih.. ameng ka Bandung

    Fahmi said:
    11 Desember 2012 pukul 9:57 am

    bandung!!! minggu depan mau maen kesini :D

    ybandung responded:
    11 Desember 2012 pukul 11:15 am

    Jangan lupa borong fashion (Factory Outlet di sekitar Jalan Dago, Jalan Riau, atau Jalan Setiabudi) dan kulinernya Mas.

    Kalau mau borong oleh-oleh bisa ke Pasar Baru (aneka dodol, wajid, keripik tempe dan oncom, selai pisang, dll) di Jalan Otoiskandardinata, Kartikasari, Primarasa di Jalan Kemuning, atau Brownies Amanda.

    Daftar Tempat Wisata Di BANDUNG | yulyanayuli said:
    7 Januari 2013 pukul 2:36 pm

    […] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]

    Ihktiara said:
    31 Maret 2013 pukul 7:18 am

    Wiidiih… Jd pengen ke bandung deh

    Ihktiara said:
    31 Maret 2013 pukul 7:21 am

    Widiih… Seru banget! Insya Allah q sm qluargaq

    Bromo Travelling said:
    2 April 2013 pukul 10:13 am

    Bagus sekali, trimakasih infonya :)

    Padi City Resort said:
    2 April 2013 pukul 10:22 am

    tempatnya bersejarah, thanks artikelnya..

      ybandung responded:
      28 Januari 2014 pukul 3:03 am

      Terima kasih kembali dan salam saya.

    Tempat wisata di bandung | rarabebyuchul said:
    24 Mei 2013 pukul 11:20 pm

    […] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]

    Wisata Kota Bandung said:
    26 Mei 2013 pukul 2:51 pm

    Post writing is also a excitement, if you know afterward you
    can write otherwise it is difficult to write.

    Tempat Wisata di Kota Bandung | Portal IG said:
    3 Oktober 2013 pukul 4:47 am

    […] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]

    PAKET TOUR BANDUNG 3H2M | Sundoro Travels said:
    26 Februari 2014 pukul 2:40 pm

    […] –          Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]

    Sebandung said:
    25 November 2014 pukul 2:35 pm

    Tempat yang sangat menakjubkan. Menyesal jika belum pernah ke sana. Kunjungi http://sebandung.com/2014/03/kawah-eksotis-di-bandung/ yuk untuk informasi selengkapnya tentang tempat ini.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s