Sekitar 1 km sejak meninggalkan gerbang utama obyek wisata alam Gunung Tangkuban Parahu, kita akan menemui parkiran pertama yang ramai oleh pengunjung. Ya .. para pengunjung hendak mengunjungi salah satu kawah Gunung Tangkuban Parahu yaitu Kawah Domas. Untuk menuju ke sana dari tempat ini, pengunjung harus jalan kaki sejauh 1.2 km.

Alternatif lain adalah dengan jalan kaki yang juga sejauh 1.2 km dari pelataran parkir obyek utama Kawah Ratu. Pengalaman saya bersama Om Yosi ke Kawah Domas adalah melalui jalan ini. Jalan menuju Kawah Domas sangat sepi, jarang sekali berpapasan dengan pengunjung lain, didominasi oleh jalan menurun. Pengunjung lebih suka melalui jalur pertama karena kondisi jalan relatif lebih datar.

Tidak jauh dari pertemuan kedua jalur menuju Kawah Domas, kita akan sampai di warung yang menjual makanan, karya seni, dan juga telur ayam mentah bagi pengunjung yang ingin merebusnya di kawah. Sambil beristirahat kita dapat menikmati pemandangan kawah dari atas. Memandang jauh ke depan, kita dapat menikmati pemandangan kebuh teh di wilayah Kabupaten Subang.

Yuk kita turun ke kawah sana. Rupanya banyak pengunjung yang mendatangi kawah berasap itu. Oh ternyata sebuah kawah kecil dengan semburan air panas. Di sinilah pengunjung dapat merebus telur ayam untuk kemudian dapat dinikmati di tempat. Asik ya ..

Nah jika kita sudah puas bermain di tengah kawah, kita dapat beristirahat di warung-warung makan di samping kawah, tentunya sambil menikmati pemandangan alam Kawah Domas, Gunung Tangkuban Parahu.