1001 Tempat Wisata di Bandung, Jawa Barat

Posted on Updated on

Tangkuban ParahuKota Bandung saat ini dikenal sebagai kota yang kaya akan obyek-obyek wisatanya yang menarik. Kota Bandung memiliki banyak sekali obyek wisata alam bernuansa pegunungan yang alami baik di sisi selatan seperti di Ciwidey dan Pangalengan, di sisi barat seperti di Padalarang dan Rajamandala, sisi timur seperti di Rancaekek dan Cicalengka, dan sisi utara yang sangat populer yakni Lembang dan Ciater. Itu semua boleh dibilang di lingkar luar Kota Bandung, sementara di dalam Kota Bandung sendiri para sahabat dapat menemukan berbagai jenis wisata seperti wisata belanja di FO, wisata kuliner, wisata seni dan budaya, dan lain sebagainya. Yuk kita lihat.

Tempat-tempat wisata di Bandung Kota:

  1. Jalan Dago dan sekitarnya
    1. Pusat Factory Outlet Jalan Riau dan Jalan Dago
  2. Lapangan Gasibu dan sekitarnya
    1. Gedung Sate Bandung (Kantor Gubernur Jawa Barat)
    2. Lapangan Gasebu (Gabungan Sepakbola Bandung Utara)
    3. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat – Jl. Dipatiukur
    4. Museum Geologi – Jl Diponegoro
    5. Museum Pos Indonesia – Jl. Cisanggarung
    6. Taman Lansia – Jl. Cisangkuy
    7. Taman Makam Pahlawan – Cikutra Bandung
    8. View Kota Bandung di Waktu Malam
  3. Kampus ITB, Taman Ganesha dan sekitarnya
    1. Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB)
    2. Kebun Binatang Bandung – Jl. Tamansari
    3. Taman Ganesha – Jl. Ganesha
    4. Aneka Warung Makan Jl. Gelap Nyawang
  4. Braga dan sekitarnya
    1. Museum Mandala Wangsit Siliwangi – Jl. Lembong
    2. Taman Kota Bandung – Jl. Merdeka
    3. Taman Ade Irma Suryani Nasution (Taman Lalu Lintas) – Jl. Sumatera
    4. Wisata Bandung Tempo Doeloe – Jl. Braga
  5. Pusat Perbelanjaan Cihampelas dan sekitarnya
    1. Cihampelas Walk Bandung
    2. Pusat Perbelanjaan Jl. Cihampelas
  6. Pasar Baru dan sekitarnya
    1. Alun-alun dan Masjid Agung – Jl. Asia Afrika
    2. Museum Konferensi Asia Afrika – Jl. Asia Afrika
    3. Monumen Bandung Lautan Api – Jl. M. Toha
    4. Museum Sri Baguda – Jl. BKR No 185 [official website]
    5. Pusat Perbelanjaan Pasar Baru – Jl. Otto
    6. Pusat Perbelanjaan Kings Plaza – Jl. Kepatihan
    7. Pusat Sepatu dan Tas Cibaduyut – Jl. Cibaduyut
    8. Taman Tegalega – Astana Anyar
  7. Jalan Pajajaran dan sekitarnya
    1. Monumen Hussein Sastranegara – Jl. Pajajaran

Tempat-tempat wisata di Bandung Utara:

  1. Dago dan sekitarnya
    1. Alam Jalur Alternatif Lembang-Dago
    2. Curug Dago – Dago
    3. Taman Budaya Dago – Jalan Bukit Dago Selatan
    4. Taman Hutan Dago Pakar dan Gua Belanda/Jepang
    5. Warung Bandrek “Warban” Sekejolang – Ciburial
  2. Ledeng – Sersan Bajuri dan sekitarnya
    1. Kampung Gajah Wonderland [official website]
    2. Rumah Sosis Bandung
    3. Taman Bunga Cihideung – Jl. Sersan Bajuri
    4. Spirit Camp & Sahabat Alam – Jl. Sersan Bajuri
    5. Vin’s Berry Park Kids Holiday Spots – Jl. Kolonel Masturi Atas
  3. Lembang Kota dan sekitarnya
    1. Arena Pemancingan Bonita – Lembang
    2. De’Ranch Lembang [official website]
    3. Floating Market Lembang, Pasar Terapung di Bandung (1)
    4. Floating Market Lembang, Pasar Terapung di Bandung (2): Wisata Kuliner Nusantara
    5. Floating Market Lembang, Pasar Terapung di Bandung (3): Wahana Bermain dan Berpetualang
    6. Monumen Pasir Pahlawan Otto Iskandar Dinata – Lembang
    7. Taman Hutan Jaya Giri – Lembang
    8. Teropong Bintang Bosscha – Lembang
    9. Wisata Kuliner di Tahu Tauhid Lembang, Bandung
    10. Wisata Lembang – Bandung
  4. Maribaya dan sekitarnya
    1. Curug Omas – Taman Wisata Maribaya
    2. Lembah Bougenville Resort – Maribaya [official website]
  5. Tangkuban Parahu dan Ciater
    1. Bandung Treetop Adventure Park, Cikole
    2. Bumi Perkemahan Cikole
    3. Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu
    4. Kawah Upas – Gunung Tangkuban Parahu
    5. Kawah Domas – Gunung Tangkuban Parahu
    6. Pemandian Air Panas Ciater
    7. Perkebunan Teh Subang – Jawa Barat
  6. Cimahi dan sekitarnya
    1. Curug Cimahi – Cisarua
    2. Kebun Strawbery Parongpong
    3. Situ Lembang – Lembang
    4. Taman Bunga Parongpong
    5. Vila Istana Bunga – Cihideung Lembang

Tempat-tempat wisata di Bandung Selatan:

  1. Soreang dan sekitarnya (+/-30km di selatan Bandung)
    1. Beberapa Rute Bandung-Soreang
    2. Komplek Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung – Soreang
    3. Soreang Jalur Utama Bandung-Ciwidey
    4. Stadion Jalak Harupat – Soreang
  2. Ciwidey dan sekitarnya (+/- 50km di selatan Bandung)
    1. Wisata Petik Strawbery – Ciwidey
    2. Ciwidey dan Alam Bandung Selatan
    3. Jalan Mendaki ke Kawah Putih
    4. Kawah Putih Gunung Patuha – Ciwidey
    5. Bumi Perkemahan Ranca Upas – Ciwidey
    6. Penangkaran Rusa Ranca Upas – Ciwidey
    7. Pemandian Air Panas Walini – Ciwidey
    8. Kolam Renang Air Panas Cimanggu
    9. Perkebunan Teh Rancabali – Ciwidey
    10. Telaga/Situ Patengan Ciwidey
    11. Perkebunan Teh Gambung – Ciwidey
  3. Pangalengan dan sekitarnya
    1. Perkebunan Sayur – Pangalengan
    2. Situ Cipanunjang – Pangalengan
    3. Situ Cileunca – Pangalengan
  4. Majalaya dan sekitarnya
    1. Kawah Kamojang – Paseh Jawa Barat

Tempat-tempat wisata di Bandung Barat:

  1. Cimahi dan sekitarnya
    1. Leuwi Opat Curug Tilu – Desa Cihanjuang Rahayu Parongpong
    2. Monumen Taman R.A. Kartini – Baros Cimahi
  2. Padalarang dan sekitarnya (+/- 30 km di barat Bandung)
    1. Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan – Padalarang
    2. Perbukitan Karst/Kapur Citatah – Padalarang
    3. Lembah Cimeta Citarum Purba – Padalarang
    4. Alam Persawahan Padalarang-Cianjur
    5. Waduk Ciburuy – Padalarang
    6. Waduk/Bendungan Saguling – Jawa Barat
    7. Gua Pawon – Jawa Barat
    8. Gua Sang Hyang Tikoro – Jawa Barat
    9. Arung Jeram Citarum
    10. Situs Megalit Gunung Padang (terbesar se-Asia Tenggara)

Tempat-tempat wisata di Bandung Timur:

  1. Cicaheum dan sekitarnya
    1. Caringin Tilu – Pegunungan Manglayang
    2. Oray Tapa – Pegunungan Manglayang
    3. Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik
    4. Perkebunan Sayur Desa Mekar Saluyu
    5. Saung Angklung Mang Udjo – Padasuka
    6. Tour de Bojongkoneng Atas
  2. Rancaekek dan sekitarnya (+/- 30km di timur Bandung)
    1. Curug Cinulang/Sindulang – Cicalengka
    2. Jalan Cijapati, Jalur Alternatif Bandung-Garut
    3. Situs Kerajaan Kendan – Nagrek
    4. Wisata Alam Nagrek-Tasik-Banjar-Pangandaran

Tempat-tempat wisata sekitar Bandung:

  1. Garut dan sekitarnya (+/- 60km di timur Bandung)
    1. Candi Cangkuang dan Situ Cangkuang – Garut
    2. Rumah Adat Kampung Pulo – Garut
    3. Situ Bagendit – Garut
    4. Kawah Kamojang – Majalaya
  2. Ciamis dan sekitarnya (+/-120km di timur Bandung)
    1. Masjid Agung dan Alun-Alun Ciamis
    2. Situs Legenda Ciung Wanara – Karangkamulyan
  3. Pangandaran dan sekitarnya (+/- 200 km di timur Bandung)
    1. Agrowisata Lembah Putri – Pangandaran
    2. Goa Donan – Pangandaran
    3. Pantai Karang Nini – Pangandaran
    4. Pantai Timur Pangandaran
    5. Pantai Barat Pangandaran
    6. Cagar Alam Pananjung Pangandaran
  4. Sukabumi dan sekitarnya (+/- 100 km di barat Bandung)
    1. Pantai Ujung Genteng – Sukabumi
    2. Pantai Pelabuhan Ratu – Sukabumi
    3. Pantai Cimaja Cikakak – Sukabumi (surfing)
    4. Pantai Karang Pakpak – Sukabumi (surfing)
    5. Pantai Ombak Tujuh – Sukabumi (surfing)
    6. Pondok Halimun – Sukabumi
    7. Curug Cibereum – Sukabumi
    8. Curug Pareang – Sukabumi
    9. Situ Gunung – Sukabumi
    10. Curug Cikaso – Sukabumi
  5. Air Panas Cisolok – Cipanas
  6. Obyek Wisata Cibangban – Jawa Barat

Album Foto Ayowisata di Picasaweb.Google

234 thoughts on “1001 Tempat Wisata di Bandung, Jawa Barat

    bocahbancar said:
    2 April 2009 pukul 7:16 pm

    Wah ternyata tidak terasa tempat2 wisata tersebut sudah pernah saya kunjungi yawh he he he…

    Salam hangat Bocahbancar…..

    Banyak selamat, dan daftar tersebut akan terus kami perbaharui.

    edy said:
    25 Mei 2009 pukul 11:52 am

    asyik cukup lengkap infonya so seneng deh.

    salam kenal ya buat loe semua.

    Terima kasih dan salam kenal kembali.

    destin said:
    25 Juli 2009 pukul 2:08 pm

    hai gue pernah pergi ke kawah putih pada tahun 2006, walaupun cuaca di sana sangat sejuk tapi pemandangan di sana indah apalagi pergi bersama seseorang yang kita sayang, dan gue sekarang rindu sekali dengan wisata-wisata yang ada di bandung, sudah lama tidak pergi karena gue ngak ada di indonesia, mungkin semua sudah berubah tidak seperti dulu lagi.

    Thanks for sharing.

    moratmarit said:
    26 Agustus 2009 pukul 3:04 pm

    Wah lengkap nih list wisatanya..makasih mas dah di share.
    Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

    Terima kasih.

    vany said:
    6 Oktober 2009 pukul 8:58 pm

    pengen tempat wisata yang ada arung jeram’y..
    tolong cariin alamatnya bisa iaa..
    skalian ma harganya klu bisa.
    hehehe

    Di Padalarang, saya tidak tahu apa nama sungainya. Kita akan selalu melewatinya di jalur Bandung-Cianjur, ada jembatan panjang di sana. Terima kasih.

    dani said:
    15 Oktober 2009 pukul 8:37 pm

    kynya msih bnyk ky situ cigayonggong sbng,curug luhur,batu orok cibodas. caringin tilu, oray tapa, batu kuda dll lupa lgi..he he.. senang rsnya bila wisata2 terpencil tersembunyi dibandung ada almtny,biasanya blm ternodai tngn2 jahil.kan ku kejar…hehe

    Betul, Caringin Tilu, Oray Tapa, Batu Kuda masih belum terekspos secara luas. Dapat diakses melalui Jalan Padasuka (Cicaheum), dari Caringin Tilu dapat menikmati pemandangan Bandung dari ketinggian.

    VE said:
    18 November 2009 pukul 8:15 am

    Tempat yang paling indah hanya di bandung. banyak knangan yg byk ditinggal kan. emm……….. mknannya pun lzat dan unik2 emmm….. yummy.

    Mantab.

    nusa mandiri said:
    2 Desember 2009 pukul 8:10 am

    thanks bro.. langsung ke tkp.

    Terima kasih. Selamat traveling di Bandung.

    eka paramaditya said:
    15 Desember 2009 pukul 7:32 am

    Hyaaahh.. banyak banget tempat wisata di bandung.. padahal gw sendiri tinggal di Bandung tapi kemana aja yaa,hehe..

    ” bandung Blossom 2009 ”
    ” Helarfest 2009 ”

    Hehe .. sukses ya Pak.

    adelia agustin said:
    26 Desember 2009 pukul 1:36 pm

    benar yawh buanyak bgt newh….pusing milih2nya…,,,hemm,,kira2 kemana y yg paling asyik,huhw3 asyik semua.

    Dijamin semuanya asyik, jadi tinggal meluangkan waktu untuk mengunjunginya satu per satu. Selamat mencoba hehe..

    asrifah mukasir said:
    28 Desember 2009 pukul 11:46 am

    bisa kasih info terbaru ttg kawah putih?
    dan ada fasilitas apa aja di sana yang bakal kita dapet?
    ditunggu ya …. hhiihhii .

    terimakasih.

    Terbaru di Kawah Putih? Hem .. saya kira masih sama eksoktiknya dengan beberapa waktu lalu.

    kha said:
    31 Desember 2009 pukul 11:25 am

    hmmm … ada tempat jajanan jaman dlu ga ??
    pgn wisata kuliner nih .. tp makanan tradisinal bandung ..
    kya comro, bajigur.. pokoknya yg gtu” deh .. tp di 1 tempat, biar ga ribet nyarinya .. rz kira” budget nya brp yaaa ???
    thx .
    ^_^

    Wah .. itu dia saya juga mencarinya hehe ..

      Surya Rental Bandung said:
      27 September 2013 pukul 10:39 pm

      klo mau suasana perkampungan sunda, dan wisata budaya dan kuliner bisa kunjungi kampung daun 2km dari kampung gajah…

    amay said:
    10 Januari 2010 pukul 11:46 am

    kalo pengen pergi sama pacar enaknya kmana y mas? saya di jatinangor hehe

    Naik Manglayang mah sudah asoy banget, sembari menyantap siang bekal makanan di pinggir persawahan, hem serasa di Kampung Sampireun .. hehe ..

    abi diyaz said:
    25 Februari 2010 pukul 11:01 pm

    jadi ingin ke bandung nihhhhhhh………

    Semoga ..

    Denia said:
    26 Februari 2010 pukul 2:39 pm

    Saya bingung mau long weekend denga suami saya ,,,, saya mau tempatnya jangan yang terlalu jauh dari rumah saya ,,, ( Pasir impun )
    ToLLLOng ya ????

    Melihat Bandung dari Gunung Manglayang teh? Caringin Tilu.

    kha said:
    27 Februari 2010 pukul 12:01 pm

    klo bisa cantumin alamat lengkapnya dong ..
    terus klo naek kendaraan umum, tlg di sebutin jurusan apa aja..
    sekalian sama ongkosnya kira” brp ?? ok thx

    Terima kasih atas sarannya.

    farah said:
    23 Maret 2010 pukul 10:12 am

    klo bsa skalian cantumin nomor telpon yg bsa di hubungi..

    Dear Farah, Kami coba pertimbangkan, terima kasih masukannya.

      CEP ZENAL NU GANTENG TEA said:
      26 April 2010 pukul 1:19 pm

      BANDUNG ITU INDAH DAN ASRI NENG NU CAKEP

    sri susanti said:
    26 Maret 2010 pukul 1:32 pm

    duh pengen bgt k bndung.. pemandangannya keren bgt…

    Tidak akan menyesal lho hehe ..

      adhink said:
      29 Maret 2010 pukul 3:00 pm

      hai ledies w mw nanya ni harga tiket masuk k situ cipanunjang brapa yh………….

      Gratis .. soalnya jalan masuknya lewat perkampungan dan perkebunan sayur. Kalau ke Situ Cileunca baru bayar, cuman berapa ribu saja koq.

    Deagastya said:
    26 Maret 2010 pukul 2:17 pm

    Setuju banget sama usul Kha diatas ^^ Tolong (kalo bisa) ditambahin info angkutan menuju ke tempat wisatanya yakz ;) Lumayan neh bisa jadi acuan buat yang doyan backpacking hehehe. Thanks…

    Terima kasih sarannya. Semoga dapat segera dilengkapi.

      CEP ZENAL NU GANTENG TEA said:
      26 April 2010 pukul 1:17 pm

      mojang bandung pasti gareulis

        uum^^ said:
        2 Februari 2012 pukul 3:06 am

        ckckckckc*geleng2

    iin inayah said:
    9 April 2010 pukul 3:22 pm

    wah jadi pengen keliling bndung nikh..,,doain ja ya mudah-mudahan setahun ini bisa menjelajahi objek wisata di bandung terutama kawah putih..,,amin..,di tambah kuliner bandung yang komplit itu di mana ya tempatnya..??? heum..,ekh iya lw punclut tu di daerah mana.?? lw dari wastu kencana naik apa ???,maksih..,,

    GaB0oZ... said:
    17 April 2010 pukul 12:32 pm

    Aaahhh..gw pengen jalan2 di daerah bandung…
    tapi GAK TAW JALAN..ToT huhuhuh..dmn dunk.?? takut nyasar….

    yowiee said:
    24 April 2010 pukul 1:24 pm

    ada wisata rohaninya ngk???

      ferrdy said:
      8 Juni 2011 pukul 7:42 pm

      ada DT (daruttauhid)

    Nana said:
    26 April 2010 pukul 10:23 am

    Huaaaa…. ternyata banyak yang belum aku kunjungi. Hmmm… pengen pengen pengen

    Kumar said:
    8 Mei 2010 pukul 1:45 pm

    Saya bukan orang asli Bandung, tetapi kira-kira bulan juli depan saya mau traveling ke Bandung. Nah, di Bandung kan banyak banget tuh wisata. Terus wisata yang menurut kalian bagus apa.tar tak coba saya kesana. salam hangat….

    ruzt said:
    12 Mei 2010 pukul 10:38 am

    kalau tempat agro wisata buat anak2 TK yang ada sawahnya dan permainan alamnya dimana ya?

    johan said:
    13 Mei 2010 pukul 10:10 pm

    butuh waktu berapa lama untuk menjelajah 1001 tempat

    johan said:
    13 Mei 2010 pukul 10:12 pm

    mungkin baru 5 yang jelajah

    rvolan said:
    29 Mei 2010 pukul 11:51 am

    di bandung banyak gak ya…kalo mo sewa mobil plus sopir n seharinya berapa ya…..soalnya kami mo liburan sekeluarga dari kaltim nich……

    rvolan said:
    29 Mei 2010 pukul 11:52 am

    klo penginapan yang bersih n murah dimana ya……

    Nitha said:
    2 Juni 2010 pukul 2:36 pm

    Tempat wisata yg bagus di bandung ,lembang ,pangalengan,apa aja ya?
    Saya mau travelling tapi pengen 3 objek wisata sekaligus. Ada saran?

    indahcinta said:
    2 Juni 2010 pukul 10:37 pm

    Bisa bantu saya ? Rencananya liburan ini mau ke Bandung. Tempat mondok / hotel yg masih alam banget dimana yah ( paling gak masih ada sawah/ kebun bunga tapi transportasi enggak susah ).Thank’s yah

    rina said:
    3 Juni 2010 pukul 7:03 pm

    mau kebandung tapi takut nyasar,paling taunya lembang, wisata yang dekket kotanya apalagi ya, kasih saran dong???….

    adhitya said:
    11 Juni 2010 pukul 5:30 pm

    jadi kangen bandung aku…
    hampir 4tahun meninggalkan kota tercinta…..
    semoga bandung tetap menjadi kota yang asri,sesuai julukanya… BANDUNG KOTA KEMBANG……
    i love you bandung…

    osboune said:
    13 Juni 2010 pukul 3:16 pm

    Bandung Memang Manteb Euy Alamnya.. Welcome To Bandung….

    Kapan yaaaaa…..

    amir said:
    18 Juni 2010 pukul 8:50 am

    kemarin gue pergi ke ciwidey ama temen2x seru sich tapi di sana tempatnya kurang kerawat banyak sampah pokoknya ga beraturan, jalan juga terjal-terjal ngeri banget lah/thx.

      amir said:
      18 Juni 2010 pukul 8:52 am

      I LOVE U BANDUNG

    frank_dws said:
    5 Juli 2010 pukul 7:11 pm

    minta info penginapan..
    d bandung dn ciater ad ga yah vila2 wrga yg kcil n murah berkisar 200-300rban/mlm di mlm liburan??..klo ad mnta “pencerahan” ny donk..hheheh..
    thx b4..

    Paket Liburan Bali said:
    29 Juli 2010 pukul 9:01 am

    bandung memang muantaps oi… udara dan suasananya ok banget selain orang”nya yg ramah…

    Wuih keren ya ..

    rizal 'wnr' said:
    29 Juli 2010 pukul 12:54 pm

    asyik bntar lg turing ma anak” kos star dri semarang-pangndaran-ciamis k hump-bandung(ciater,maribaya,tangkuban perahu,lembng,cibaduyut,dago,dll)-ciamis hump……..ank” campus udinus star d kos sbtu 31juli2010,smoga kita slamt smpai yg d tuju amin

    “”””””””””””””””””””””””””””WELCOME TO BANDUNG””””””””””””””””””””””””””””””””””

    Agus Sumarna said:
    4 Agustus 2010 pukul 7:32 pm

    Hatur nuhun kang… :)

    Sami-Sami Kang …

    jayadi said:
    9 Agustus 2010 pukul 1:31 am

    saya ingin tanya mas klo curug cimalaya bagus ngk bt anak muda n jalannta ke lkosinya dari parkiran mbil jauh ngk y?

    Ichon said:
    13 Agustus 2010 pukul 4:55 pm

    Batu karas asik tuh buat surfing . .
    tunggu abis lebaran .hehehe

    diana said:
    14 Agustus 2010 pukul 8:54 am

    hehehe… blm tau smua nah….hehehe

    cheeva said:
    31 Agustus 2010 pukul 1:28 pm

    wah… asik ne….
    ga sengaja buka blog ini….
    sebenernya yang saya cari tempat wisata + kuliner tapi bisa dijadiin buat tempat meeting min 170 orang….
    eeennnnnnnnn budgetnya yang murah hehehehehe…
    dimana yachhh?

    cluxbox said:
    3 September 2010 pukul 4:12 pm

    wuihhhh …. jadi pengen ke bandung lagi .. :D

    natasha aprilia said:
    10 September 2010 pukul 7:03 pm

    Bingung cin, mau ke mana
    tempatnya bagus-bagus
    aw…..
    mana ya yg terbaik bingung deh
    tapi enaknya ke mana ya?????

    Fa Koboy said:
    13 September 2010 pukul 11:03 am

    gw pengen cuti trus holiday ke bandung…
    Katanya bandung asik…
    Tp kira2 butuh brp hari ya buat jelajahi semuanya…?? hehehehehe…
    seminggu cukup gk ya…?
    Gw suka traveling ala backpacker…

    regi said:
    14 September 2010 pukul 6:11 pm

    pucing nich plih yg mna??
    ada msukan??

    Mira J. said:
    16 September 2010 pukul 7:49 am

    mas Bandung…thanks infoenya ..padahal lahir dan gede di bandung..ga nyangka..banyak banget tempat-tempat yang blom dikunjungin.

    Thanks Mba Mira, ayo segera dikunjungi hehe …

    linz said:
    20 September 2010 pukul 11:31 am

    untuk studi ekskursi arsitektur disana tempat yang bagus apa ya??? mohon bantuannya… terima kasihh

    Ira said:
    21 September 2010 pukul 4:02 pm

    Tolong dong harga tiket masuknya dituliz,krn saya mau ngadain karyawisata scr swadaya.

    Uthie said:
    24 September 2010 pukul 10:15 am

    Thanks banget ya infonya. Aku ma teman2 rencana awal Oktober ini mo ke Bandung.
    Moga tempat2 di atas bisa terkunjungi banyak.

    akmal said:
    30 September 2010 pukul 11:39 am

    thank y .. dgn blog lo ini … gw jadi tau deh tempat” yang lom gw tao…
    salm buat lo ya!!!
    perbanyak info”nya..
    maksih

    Bambang W,Surabaya said:
    6 Oktober 2010 pukul 7:02 am

    Tanggal 15 dan 16 saya ( rombongan 24 orang )ke bandung ,bisa kasih saran … tempat wisata mana aja yg bisa saya kunjungi ( urut ).tempat makan,dan harga tiket2 masuk,plus pemandu wisatanya
    Penginapan sdh dapat ,di Wisma PU
    Terima kasih

    sigit arch said:
    13 Oktober 2010 pukul 11:30 pm

    halo temen2, ni sy djakarta, lg bingung pnya wktu libur cuma 1 hr, pengen liat2 kota bandung pke agkutan umum. kira2 tempat mana yg bs sy kunjungi dlm sehari itu ya.klo bs rekomendasi dong hotel yg terjangkau/murah dibandung.

    dina H, jakarta said:
    14 Oktober 2010 pukul 5:08 pm

    saya taun baruan ada acara taunan dr perusahaan, taun ini jalan2nya ke bandung, tolong infonya yah tuk penginapan, tmpt mkn, tempat wisatanya mana aja, pokoknya sekomplit2nya deh (maksa bgt)… kurng lbh tuk 100 org, makasih…

    E. Jaenal said:
    8 November 2010 pukul 2:14 pm

    saya ingin bertanya kalo home industri di daerah lembang ada ga????kalo ada tolong kasih tau soalnya saya akan membawa anak murid saya dalam rangka wisata ke hom industri….trimakasih

    Anggita said:
    18 November 2010 pukul 3:27 pm

    kalau tempat semacam saung angklung udjo, yang bisa buat penyambutan tamu tapi tempatnya jabar banget, dimana lagi ya? mohon bantuannya.

    aguspopay said:
    23 November 2010 pukul 3:49 pm

    8 january kita kumpl di manglayang udah 10 tahun ga kumpl brng, kaget jg ada tempt wisata bnyk di manglayang, bandung memang meninggalkan kesan mendalam jd ga rugi kl travelling di bandung komplit semua ada

    nadya said:
    8 Desember 2010 pukul 6:53 pm

    salam,saya pingin wisata di bandung tp gak tau tpt2 yg menarik,tempat wisata mana aja yg bisa saya kunjungi ( urut ).tmpt nginap(hotel/homestay yg murah),tempat makan,dan harga tiket2 masuk,plus pemandu wisatanya trus klo travel yg murah ada gak?klo ada,punya nomornya gak?

    terima kasih

    ekka said:
    10 Desember 2010 pukul 4:35 pm

    objek wisata mn saja yg paling favorit?

      jokoradityo said:
      29 Desember 2010 pukul 12:54 pm

      Kalau daerah bandung yang favorit dan sering digunakan untuk shuting film atau photo pre weding sih wisata kawah putih.. sekarang masuknya aga mahal. 150.000, kecuali naek wara-wiri (sejenis kendaraan wisata) 28.000/ orang

    Soni Somantri said:
    11 Januari 2011 pukul 7:45 pm

    pangalengannya kok cuma 3 biji?
    di pangalengan banyak banget tempat yang indah2….
    1. kebun teh(malabar, kertamanah, psairmalang, riunggunung, warnasari, purbasari, pasirjunghun,cukul, ama cibeureum dan chinchona),
    2.danau(cileunca,cipanunjang, kanceuh, gede, cicoledas, ama cukul)
    3.pemandian air panas(cibolang, tirtakamelia, tirtabidadari, ama citere)
    4.kampung adat cikondang
    5.makam boscha
    6.rumah hitam
    7.batu korsi
    8.goong kromong
    9.cagar alam gunung tilu
    10.cagar alam malabar
    11.kawah gunung wayang
    12.kawah burung
    13.plta lamajang, plengan dan cikalong
    14.arung jeram sungai palayangan, dan sungai cisangkuy
    15.bumi perkemahan rahong
    16.penangkaran rusa di kertamanah
    17.pltp wayang windu
    18.geotrek cibunikasih (tambang emas)
    19.air terjun(sanghiang, ceret1, ceret2, dewa, patra luhur, patra handap, plengan, cimalawindu, cikakapa,ciruntah, cisadawindu,rancagadog, cihideung, dll ;banyak banget air terjun dipangalengan)

    hanya saja ga terekspos……

    disesalkan aja tuh….

    Tourism Questions and Answers said:
    12 Januari 2011 pukul 3:30 pm

    thanks buat info yang sangat membantu…

    tiwi said:
    15 Januari 2011 pukul 1:28 pm

    kalau batu cinta itu lwtaknya bandung mnanya y? trus alamatnya mnta sxan yg lengkap dun sma harganya juga..

      koko said:
      20 Agustus 2011 pukul 10:13 am

      kalau gak salah di ciwidei teh.. di danau cintanya.
      kalau gak salah sih.he..he..

    antondewantoro said:
    23 Januari 2011 pukul 3:00 pm

    Mantap Ya, Bandung dikelilingi Gunung,dan banyak tempat unik. Saya taunya baru Dago doank. Maklum wong ndeso mas

    Budi said:
    28 Januari 2011 pukul 5:11 pm

    Kemaren banget 27/1/11 aku sekelg + saudara+temen ke kawah putih, aduh bagusnya pemandangan disana, keren banget, kayak di mana gitu, luar biasa indah pokoknya

    […] Coba Cek di sini […]

    nuyy cantiikk said:
    7 Februari 2011 pukul 8:37 am

    mau tau harga-harganya objek wisata donk gimana cara’a ??

    retnowidiastutiadaninggar said:
    10 Februari 2011 pukul 7:34 pm

    Kami sekeluarga sudah 2 kali ke kawah putih ciwidey, tapi utk kunjungan yg ke dua kalinya kaget dengan naiknya tarif parkir mobil masuk ciwidey sampai Rp 150.000,-/mobil…waduh tarif parkir termahal di dunia….

    Abang dion said:
    12 Februari 2011 pukul 11:34 pm

    sayang banget waktu gw singkat banget dibandung,,, jadi ga bsa nikmati smua keindahan wisata di sini.. pi sebagian uadah,,, mudahan lain waktu dah..

    Budi said:
    15 Februari 2011 pukul 4:46 pm

    Betul, tarif kawah putih mahal, aku kan pakai motor bertiga sama anak istri, tarifnya 37.000 (anak kecil ga bayar tiketnya cuman 2) belum termasuk parkir didalam.. Mahal banget.

    rygi said:
    18 Februari 2011 pukul 4:14 pm

    minta tmpt wisata yg ok buat anak2 dunk….anak skitar umur 5th-an…yg seru, fun n edukatif jg y bro…

    btw, ada ga sih travel yg mengakomodir tmpt wisata2 tsbt???klo ad mao neh…biar ntar tiap hr sbtu bs prgi b2 sm si kecil…dtggu infonya y …

    tnx y..

    yupi said:
    3 Maret 2011 pukul 7:27 pm

    aku pingin backpaker-an ke sana
    kira2 ada penginapan murah gak ya?
    aku dari malang
    please tolong info nya ya teman2 makasih

    Marsya said:
    4 Maret 2011 pukul 5:52 pm

    Curug cibeureum?? It’s so amazing…

    Danny Chandra said:
    12 April 2011 pukul 10:50 am

    hai! salam saya dari medan ada rencana berlibur ke bandung selama 3-4 hari. ada saran selama 3-4hari ini spot menarik utk dikunjungi ,thanks?

    […] : disarikan dari wisata bandung dan tambahan dari beberapa […]

    righo said:
    21 April 2011 pukul 3:35 pm

    Assalamualaikum…

    Jadi kepeng juga bawa suami ke bandung kebetulan kita tinggal di Malaysia kepengen bawa suami liat suasana makanan yang berbeda…tapi untuk penginapannya kalo pergi kebandung dimana yah biar deket ke tempat rekreasi

    Hatur nuhun kawan.

    ivan fadhlan said:
    12 Mei 2011 pukul 2:06 pm

    kok gak ada taman hutan raya ir. haji juanda sih. tolong dong adain plisssssssssss

    erlina dewi kusumawati said:
    16 Mei 2011 pukul 11:04 am

    hai…..
    ada tempat wisata tpatnya di Bandung Barat namanya curug marela Gunung Halu, wah pokonya d jamin g nyesel dech klo k sana walaupun jlnnya jauh heeeeee

    ferrdy said:
    8 Juni 2011 pukul 7:57 pm

    ada juga obyek wisata dibandung barat, tempatnya asiiik, jalan kaki lewat pesawahan mmmmmm sejuk namanya air terjun ……., kadang di sebut air terjun niagara mini. pun alamatnya di bandung barat-cililin-batujajar

    claudiaa putri said:
    9 Juni 2011 pukul 1:06 pm

    wow!!! pengen ke Bandung jadinyaaaaaa :DDDD

    Seat Vacations said:
    9 Juni 2011 pukul 3:51 pm

    Thanks untuk informasi yang lengkap banget.

    wisata indonesia said:
    28 Juni 2011 pukul 1:27 pm

    Informasi lengkap… cocok buat yang pelat “B” kalau mau ber weekend di Bandung…

    Kunjungi informasi wisata Indonesia – di http://www.piknikyu.com

    Syech Muhammad said:
    7 Juli 2011 pukul 2:59 pm

    Assssseeeeeeeeeeeeeeeeeeeex ….. KP … Eui

    ninedity said:
    15 Juli 2011 pukul 6:24 pm

    ah saya org bandung tapi gak tau mana-mana hahahahaha pa ya tempat yg enak buat jalan2 tapi bukan mall? hehe

    gillang chandra kirana said:
    11 Agustus 2011 pukul 11:47 pm

    abdi bangga janten urang bandung euy!!!!

    ahmad iksan said:
    1 September 2011 pukul 2:19 pm

    satu lagi yang belum masuk tempat wisata di Bandung Selatan yaitu Situ Cisanti yang terletak di kaki Gunung wayang Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari/ dariCiparay 30 KM ke arah selatan atau dari Pangalengan Kota 16 KM ke arah Timur…..suasananya adem, tenang, situnya banyak ikannya…..cobain deh

      zoe' said:
      8 Maret 2012 pukul 8:14 pm

      asyiiiik bisa mancing dunk…
      bw pncingn boleh g y???

    bautinja said:
    15 September 2011 pukul 11:15 pm

    makasih udah menambah wawasan

    regia said:
    8 November 2011 pukul 4:19 pm

    makasih ya infonya,.. bandung memang kota paling indah di Indonesia,.. aku pernah ke ciwidey,.. apalagi kawah putih,.. bener2 bisa bikin fresh bgt lho dan indah bgt,.. pengen ke bandung lagiiii,.. :D

    sharingilmu0015 said:
    26 November 2011 pukul 10:40 pm

    makasih ya udah ngasih info… ternyata bnyak bnget obyek wisata di bandung,, salam kenal ya,.. saya ilsa asli sukabumi..
    saya ingin menjelajah kota bandung dan skitarnya!!!

    uland said:
    26 November 2011 pukul 11:46 pm

    kalo curug marela lokasi nya di mana ya ??

    berita indonesia said:
    15 Desember 2011 pukul 4:44 pm

    komplit sekali informasi wisata di bandunya terima kasih

    sylvia rachman nugraha said:
    21 Desember 2011 pukul 10:37 am

    wew…banyak juga

    terimakasih, infonya sangat membantu :)

    indaryani said:
    22 Desember 2011 pukul 7:12 am

    bandung……is the best….i like bandung..

    shinta saraswati said:
    24 Desember 2011 pukul 10:48 am

    salam kenal semua,
    mantap bangeet, n sangat membantu aku n teman2 ku yg mempunyai planning bwt keliling2 kota bandung,
    aq mw tnya, tempat yg wajib bnget di kunjungi klo d bandung ap ya???

    terima kasih

    alyaghina said:
    26 Desember 2011 pukul 10:56 am

    klo ga salah ada wisata rumah es di bandung..
    dmna ya lokasinya ?

    fendy said:
    28 Desember 2011 pukul 12:05 pm
    poetra el-zafie said:
    29 Desember 2011 pukul 12:30 pm

    tempat yg pling seru yg mana ya?

    bimo said:
    4 Januari 2012 pukul 12:22 pm

    yang paling asyik liburan kemana ya ?

    bimo said:
    4 Januari 2012 pukul 12:24 pm

    kok enga ada yang bls sih ?
    hehehehehehehehehehe !

    bimo said:
    4 Januari 2012 pukul 12:26 pm

    halo…………………………………………………………………………………………

    melpin said:
    4 Januari 2012 pukul 12:34 pm

    ketempat yang hijau-hijau dilembang, pasti enak brow

    jeko said:
    4 Januari 2012 pukul 12:37 pm

    emang enak di tempat – tempat yang hijau !

    Reazie alfalah said:
    15 Januari 2012 pukul 1:05 pm

    Assalamualaikum

    bang, mw rekomendasinya dong

    acara getring dr kantor skitar 60org

    1. Wisata buat anak2
    2. Ada tempat buat kumpul tau membuat acara contoh tuker kado
    3. Krn musim hujan.. Aman dr ujan

    faiz said:
    26 Januari 2012 pukul 4:20 pm

    jalan2 ke bandung..

    gunawan said:
    8 Februari 2012 pukul 6:16 am

    Mantap ey?

    gunawan said:
    8 Februari 2012 pukul 6:20 am

    taman rekreasi y plg byk dikunjungi di Bandung dimana ya?

    labkebijakanpublik said:
    14 Februari 2012 pukul 2:11 pm

    mantap euy…

    geroy chandrawinata said:
    27 Februari 2012 pukul 10:55 am

    tolong di definisikan setiap nama obyek wisatanya agar semua dapat di mengerti dan segera dapat di nikmati

    novanth said:
    6 Maret 2012 pukul 11:54 pm

    minta ijin copas boleh gan?saya mau buat aplikasi mobile mengenai tempat wisata di bandung…

    han said:
    10 Maret 2012 pukul 9:03 am

    Lengkap banget tempatnya. Pengelompokannya juga bagus jadi kita bisa ‘ngubek-ngubek’ satu tempat baru pindah ke tempat wisata lain :)

    shah said:
    10 Maret 2012 pukul 7:55 pm

    salam sahabat semua.. ada tak siapa2 yang boleh jadi guide .. bagi no hp..saya aka ke bandung unutk becuti tapi bagpackers je.. so anybody that may i contact if i lost there?

    muhammad yusuf said:
    11 Maret 2012 pukul 4:00 pm

    share juga nih tempat yang belum kena tangan jahil.
    curug cilengkrang.
    bukit tunggul.
    (daerah bandung timur)

    Terima kasih informasinya, tepatnya di daerah mana ya Mas?

    chris'Gallery said:
    21 Maret 2012 pukul 12:04 pm

    wuih keren…
    salut banget bisa kumpulin data sebanyak itu.
    ijin saya posting di blog saya om.
    sebagai catatan di blog.

    paling tidak bisa jadi referensi sebelum jalan2 ke bandung.
    thx

    Berakhir Pekan di Bandung « chris’GALLERY said:
    21 Maret 2012 pukul 12:12 pm

    […] ayowisata Like this:LikeBe the first to like this post. Categories: refreshing Tags: bandung, weekend, […]

    agus dwiyono said:
    23 Maret 2012 pukul 11:36 pm

    Permisi yaa… Saya mau menginap ќε bandung dengan sekeluarga , bisa info kan jasa travel πγª gag yaa?? Trims

    Wenike Deviyana (@DeviWenike) said:
    24 Maret 2012 pukul 10:51 am

    Waahh seruuu pastinya :)

    Bogor Barat said:
    24 Maret 2012 pukul 3:34 pm

    Punten kang, abdi izin di lebetkeun ka website abdi

    […] sumber : ayowisata.wordpress.com […]

    Nila Lazuardi said:
    30 Maret 2012 pukul 10:03 am

    wew, banyak juga ya pilihan nya. makasih info nya deh kalo gt :D

    RaFara CanHa said:
    30 Maret 2012 pukul 4:02 pm

    Wah:)
    Bandung bner2 kota kembng:)
    Hidup Bandung :D

    akbar wiba said:
    9 April 2012 pukul 2:29 pm

    broo,,bulan 6 ni kmi dari sekolah sman4 wira bangsa pigi study tour ke bandung ni
    tempat2 yang mantap dimna sih,,

    Untuk karya wisata siswa sekolah di Bandung, umumnya ke Museum Geologi dan barangkali mampir ke Museum Kantor Pos Indonesia yang bersebelahan dengan Gedung Sate (Kantor Gubernur Jabar), Gedung Merdeka dan Monumen Konferensi Asia Afrika, Pusat Perbelanjaan Jalan Cihampelas, dan Pusat Sepatu Cibaduyut. Wisata alam umumnya ke Gunung Tangkuban Parahu.

    Semoga membantu dan selamat jalan-jalan ya.

    husaina said:
    13 April 2012 pukul 1:50 pm

    waaaw….byk banget nih tpat wisatax,..eemh ntar lg iburan tuk anak2,okay ke bandung aja nih kayak nya lbih asyiiiik eeeuuyy

    Dijamin menarik ditambah wisata fashion di berbagai Factory Outlet di Bandung (yang ramai di Jalan Setiabudi dan Jalan Riau/RE Martadinata; dan juga wisata kuliner mulai dari siomay, batagor, mie kocok, dll. Untuk anak-anak bisa maen ke Trans Studio di area BSM Jalan Gatsu, Kampung Gajah dan Jendela Alam sekaligus wisata kampung bunga Cihideung di Jalan Sersan Bajuri Lembang, atau kalau di dalam kota bisa ke Kebun Binatang Bandung dan wisata menunggang kuda di Taman Ganesha di sekitar Kampus ITB.

    maulans said:
    18 April 2012 pukul 6:11 am

    Ajib ah…
    ok banget

      zen said:
      30 April 2012 pukul 12:57 pm

      yuk ahh seneng2 di kebun teh ????

    zen said:
    30 April 2012 pukul 12:59 pm

    aku lagi da di bandung v gda waktu tuk reflesing coz jadwal kuliahna padet pisan nee hhhmmm kapan eaaa…..

    Samsam said:
    5 Juni 2012 pukul 10:38 am

    Bagi yang membutuhkan Mobil Rental di Bandung Hubungi Sam Rent Car Hp 087822267646, termurah, aman dan ramah.

    Samsam said:
    5 Juni 2012 pukul 10:39 am

    Sam Rent Car Sedia Avanza Plus Sopir aman, murah, ramah Hubungi Hp 087822267646

    Samsam said:
    12 Juni 2012 pukul 2:40 pm

    Buat yang mau wisata ke Bandung dan butuh Rental Mobil kami sedia Avanza plus sopir, hubungi Sam Rent Car Hp 087822267646

    Wisata yuh said:
    8 Juli 2012 pukul 9:35 pm

    asik kapan kapan main ke bandung ah

    daddy said:
    28 Juli 2012 pukul 1:42 am

    mau dong ke bandung pasti asik

    ilham andre II said:
    6 Agustus 2012 pukul 8:26 pm

    broo,,,minta petunjuk jalan n daerah bandung tempat rekreasi muda mudi yg asik d mana,,,yg 1 jalan yg berdekatan tempatnya,,,

    tempat wisata said:
    14 Agustus 2012 pukul 12:05 am

    bandung memang sangat idah indah yach . makasih buat tempat2 wisata nya

    ikanblackghost said:
    19 Agustus 2012 pukul 8:30 pm

    yahh… lumayan lah….. :P

    pulau pari said:
    15 September 2012 pukul 11:27 pm

    gan sekali sekali posting tentang pulau seribu kaya pulau pari pulau tidung dan pulau lainnya yang bersuasana pantai

    Sewa villa Bandung said:
    22 September 2012 pukul 2:50 pm

    Info yang menarik gan, potensi wisata di Jawa barat khususnya bandung emang gak ada matinya :)

    wisata bali said:
    25 September 2012 pukul 9:53 pm

    Bandung memang indah… bergaya modis dan menarik… fashionable gitu……

    Tomi said:
    4 Oktober 2012 pukul 7:01 pm

    wah banyak sekali ya tempat wisata di bandung.

    echy said:
    17 Oktober 2012 pukul 6:50 pm

    bukit bintang bandung jga oce loh daerah nya sekitar dago pakar

    armstrong indonesia said:
    3 Desember 2012 pukul 9:38 am

    keren

    pusat wisata indonesia said:
    8 Desember 2012 pukul 2:30 am

    Anda ingin berlibur?sedang bingung mencari tempat berwisata yang cocok?
    Cari tau wisata favorit yang ingin anda kunjungi di sini http://www.pusat-wisata-indonesia.com/
    mksh..

    Fahmi said:
    11 Desember 2012 pukul 10:01 am

    lengkap banget listnya, sip! kebetulan mau maen ke bandung ini :D

    ybandung responded:
    11 Desember 2012 pukul 11:10 am

    Selamat menikmati Kota Bandung dan sekitarnya.

    Syams said:
    22 Desember 2012 pukul 11:04 pm

    Ikut Nimbrung y
    Ga nyesel jadikan priangan sbg tujuan wisata..

      ayowisata said:
      3 Januari 2013 pukul 12:15 pm

      Mantab ..

    rie said:
    2 Januari 2013 pukul 1:26 pm

    mau ke bandung… tp cuma sehari.. kira2 asiknya kemana aja yah? *diatas banyak banget list nya.. malah bingung XD

      ayowisata said:
      2 Januari 2013 pukul 3:17 pm

      Hehe ..

      Kalau suka nuansa alam, mungkin pilih salah satu antara ke Bandung Utara (Lembang, Tangkuban Parahu, atau Ciater) atau ke Bandung Selatan (Ciwidey, Kawah Putih, dan Situ Patengang). Saya sendiri pernah dalam satu hari ke Bandung Utara dan sambung ke Bandung Selatan.
      Kalau suka nuansa permainan alam, Kampung Gajah di Jalan Sersan Bajuri, Sari Ater di Ciater, atau beberapa tempat lagi di Lembang.
      Kalau suka nuansa mall, mungkin Cihampelas Walk atau Bandung Supermall/Trans Studio Bandung bisa jadi pilihan.
      Kalau pengen belanja tas dan sepatu yang banyak, Cibaduyut bisa menjadi pilihan. Kalau pengen belanja pakaian yang banyak, Pasar Baru bisa menjadi alternatif. Kalau pengen belanja pakaian yang unik, Factory Outlet (FO) di Jalan Juanda/Dago, Jalan Setiabudi, dan Jalan Riau bisa menjadi pilihan.
      … ternyata bisa banyak sekali pilihannya, tinggal disesuaikan apa kesukaannya.

      Salam dan selamat menikmati Bandung.

    dint said:
    3 Januari 2013 pukul 10:27 am

    kalo tempat berkemah dimana aja yah??

      ayowisata said:
      3 Januari 2013 pukul 12:14 pm

      Di Bumi Perkemahan Rancaupas-Ciwidey dan mungkin juga Gambung (Bandung Selatan), Bumi Perkemahan Cikole (Bandung Utara/Tangkuban Parahu).

    Wisata Bali said:
    6 Februari 2013 pukul 9:50 am

    wah, ternyata ada banyak sekali tempat wisata di Bandung ya.
    sampai bingung mau kemana terlebih dahulu..
    Terima kasih atas infonya :D

    Lavada said:
    18 Februari 2013 pukul 2:13 pm

    I really needed to share this specific article, “1001 Tempat Wisata di Bandung Weblog Ayo
    Wisata Indonesia” together with my own pals on facebook or twitter.
    Isimply just sought to distribute ur very good writing!

    Thank you, Ellen

    muhammad luqman said:
    27 Februari 2013 pukul 8:15 am

    yang saya tau Bandung menyimpan banyak sekali potensi alam yang masih alami ..
    jadi sangat menarik untuk di kunjungi ..

    Salam kenal dari Wisata Banyuwangi ..

    Padi City resort said:
    27 Maret 2013 pukul 1:50 pm

    Informasinya sangat menarik. Nice info. Thx :)

      ybandung responded:
      27 Maret 2013 pukul 8:46 pm

      Terima kasih kembali.

    Bromo Traveling said:
    27 Maret 2013 pukul 1:57 pm

    Referensi tempat tujuan wisata sangat lengkap. terimakasih

      ybandung responded:
      27 Maret 2013 pukul 8:45 pm

      Terima kasih Pak.

    ifa nurfazriyah said:
    28 Maret 2013 pukul 8:43 am

    bandung tak ada habisnya… terimakasih kang infonya

    cinta sintiya said:
    30 Maret 2013 pukul 9:40 am

    terimakasih atas infonya , bandung memang luar biasa indahnya

    CV. Ghaisan Auto Rental said:
    30 Maret 2013 pukul 10:02 pm
    Padi City Resort said:
    2 April 2013 pukul 9:59 am

    Informasinya menarik, thanks ya :)

    Bromo Travelling said:
    2 April 2013 pukul 10:09 am

    Bandung memang mantab, thanks artikelnya..

    bocun said:
    10 April 2013 pukul 9:04 pm

    bandung tea ath forever

    AL_Vinoy Alfi Aisyah said:
    12 April 2013 pukul 5:25 pm

    Wah…banyak banget.
    Ohya,kalau mau camping enaknya dimana ya? bingung..nih. Mau camping di daerah Bandung,tapi ga tau tempat yang cocok.

      ybandung responded:
      3 Mei 2013 pukul 5:03 pm

      Sepengetahuan saya: Bumi Perkemahan Ranca Upas di Ciwidey, Bandung Selatan atau Bumi Perkemahan Cikole di Lembang/Gunung Tangkuban Parahu, Bandung Utara.

    Anti Virus said:
    15 April 2013 pukul 5:11 pm

    wiiiihhhh……kayanknya mantap ni, untuk tempat camping terima kasi atas infonya yang sangat menarik ni, salam kenal.

    wisatabali said:
    16 April 2013 pukul 3:10 pm

    Wah-wah…. jadi pingin ngelancong ke bandung… kata org emang bandung indah sih…. di coba ah kapan2.. makasih ya infonya….

      gina said:
      24 April 2013 pukul 11:56 am

      emang kmu orang mana??

    gina said:
    24 April 2013 pukul 11:55 am

    banyak sih banyak tempat wisata nya taoi gk tau arah jalan nya atau pake angkot pun gk tau naek angkot tujuan yang kemana nyya

    gina said:
    24 April 2013 pukul 11:57 am

    bandung memang bermartabat..

    ardit said:
    24 April 2013 pukul 1:34 pm

    pengen ke tangkuban perahu ii tapi gunung nya udh meletus ya kata nya..

    Farid Hosseiney Aslam said:
    30 April 2013 pukul 10:18 am

    kok tempat wisata Bendungan PLTA Cirata gak masuk dalam daftar tempat wisata Bandung barat?? pdhal tempatnya sangat bagus banget, visit my blog http://www.faridcicariu-iip.blogspot.com

      ybandung responded:
      7 Mei 2013 pukul 7:51 pm

      Terima kasih masukannya Mas.

    admin@seratour said:
    4 Mei 2013 pukul 12:06 pm

    informasinya sangat bagus dan lengkap sekali.
    ini bisa menjadi sumber refrensi lokasi wisata di bandung.

    karya yang bagus pengurutannya juga bagus

      ybandung responded:
      7 Mei 2013 pukul 7:57 pm

      Terima kasih, semoga semakin bertambah termasuk deskripsi masing-masing yang belum juga dapat dikerjakan :)

    Java Nusa Wisata said:
    16 Mei 2013 pukul 11:05 am

    boleh minta nomor telepon di setiap wisatanya,

      coky said:
      16 Mei 2013 pukul 10:13 pm

      ada lagi yang baru nih, wisata air di bandung yaitu tubing di hulu Sungai Cikapundung. Tempatnya ternyata masih asri, kanan kiri sawah dan pepohonan jauh dari rumah penduduk, jeramnya juga seruuuu….

    Mochamad ali mulyana said:
    16 Mei 2013 pukul 11:15 am

    Pagi ;) keyword nya sudah nongkrong di halaman depan mbah google, bagus mas.. btw minat ikut lomba blog gak? detail di transstudioworld.net ya.. hadiahnya lumayan buat ajak keluarga liburan di bandung :)

    coky said:
    16 Mei 2013 pukul 10:12 pm

    ada lagi yang baru nih, wisata air di bandung yaitu tubing di hulu Sungai Cikapundung. Tempatnya ternyata masih asri, kanan kiri sawah dan pepohonan jauh dari rumah penduduk, jeramnya juga seruuuu….

    winnymarch said:
    20 Mei 2013 pukul 11:05 am

    lengkap gan mksh ya

      ybandung responded:
      21 Mei 2013 pukul 4:24 pm

      Terima kasih.

    ifa noorfazriyah said:
    20 Mei 2013 pukul 6:29 pm

    mantap mas.. bandung kota mode plus wisata….

      ybandung responded:
      21 Mei 2013 pukul 4:25 pm

      Bandung memang mantab, demikian pula daerah-daerah lain di nusantara ini.

    untuk ibu hamil said:
    30 Mei 2013 pukul 8:54 pm

    kepringin ke bandung yang ada kata le…wangi bagus banget

      ybandung responded:
      9 Juni 2013 pukul 12:05 pm

      Jalur Dago-Lembang? Buniwangi, Pagerwangi?

    Yessi Amalia Nurovianti said:
    31 Mei 2013 pukul 10:47 am

    waw bnyak bner

      ybandung responded:
      9 Juni 2013 pukul 12:00 pm

      Mangga dicoba Mba.

    Ginanjar said:
    26 Juni 2013 pukul 8:11 pm

    Punten..

    Boleh minta infonya ngga..
    Saya berniat liburan ke Kawah putih ciwidey, kabar burung kata’a sedang ditutup karena gas belerang’a tinggi, apa benar?

    Tempat bermain yang asyik dibandung selain Transtudio bandung apa lagi y? Y kira” yang ongkos’a lebih minim hehe

    Thanks, ditunggu info’a..

      ybandung responded:
      27 Juni 2013 pukul 12:30 pm

      Halo Mas Ginanjar. Saya belum mengetahuinya, namun Kawah Putih Ciwidey memang sering sekali mengeluarkan asap belerang yang cukup menyengat, bahkan masih di jalan mendaki menuju kawah.

      Tempat main yang asik di Bandung tergantung selera Mas. Misalnya kami sekeluarga lebih suka pergi ke alam seperti ke Lembang, Maribaya, Ciater dll.

    Gambar Lucu said:
    21 Juli 2013 pukul 6:44 am

    hey there and thank you for your information – I’ve definitely picked up anything new from right here. I did however expertise several technical issues using this website, since I experienced to reload the site a lot of times previous to I could get it to load correctly. I had been wondering if your web host is OK? Not that I am complaining, but sluggish loading instances times will sometimes affect your placement in google and could damage your high-quality score if advertising and marketing with Adwords. Well I am adding this RSS to my e-mail and could look out for a lot more of your respective fascinating content. Ensure that you update this again soon.

    ifa noorfazriyah said:
    2 Agustus 2013 pukul 10:40 pm

    bandung memang tidak ada duanya,,, salam kenal mas dari ifa nurfariyah…..

    "bed and breakfast in bath" said:
    3 Agustus 2013 pukul 4:10 am

    It’s appropriate time to make a few plans for the long run and it is time to be happy. I’ve read this submit and if
    I could I desire to recommend you few fascinating issues or tips.
    Perhaps you can write next articles regarding this article.

    I wish to read more issues approximately it!

    Wisata Bandung said:
    9 Agustus 2013 pukul 6:33 am

    Wow, komplit euy daftar tempat wisata di Kota Bandung nya, mantap

    Hafshah said:
    13 Agustus 2013 pukul 11:39 am

    Mksh infony.. niat hari ini mau ke kawah putih, ciwidey.. tp liat2 tarif masukny lmyn mahal y.. dah gtu gag boleh lama2 juga di kawah putihny.. hemm..keliling bandung aja kali ya…

    Kaos Promosi said:
    22 September 2013 pukul 5:47 pm

    Informasinya sangat lengkap. terima kasih banyak…

    putrihanum said:
    3 Oktober 2013 pukul 6:01 pm

    Tks infonya sangat lengkap

    SPIRIT OF JAVA TOUR said:
    4 Oktober 2013 pukul 4:55 pm

    Dear Admin,

    Terimakasih infonya, sangat membantu…. semoga semakin sukses, amin

    Untuk info Tour Jogja untuk Grup atau perorangan.. silahkan call us : 087838230444..

    salam,
    Spirit Of Java Tour

    Trans Studio Bandung said:
    11 Oktober 2013 pukul 2:11 pm

    Trans Studio Bandung belum terdaftar ya min, :D Wisata Keluarga baru di kota bandung padahal tuh, :D

      ybandung responded:
      30 Oktober 2013 pukul 12:26 pm

      Terima kasih infonya Mas.

    2014 said:
    13 Oktober 2013 pukul 9:06 am

    info mantab gan

    lukito eko dariono said:
    14 Oktober 2013 pukul 11:55 am

    minta informasi saya dari stasion KA kota bandung tujuan bale pare kota baru parahiyangan harus gunakan transpotasi apap

      ybandung responded:
      30 Oktober 2013 pukul 12:25 pm

      Alternatif pilihan adalah naik taksi dari pintu depan Stasiun Hall (pintu utara, Jalan Kebon Kawung); atau naik angkot jurusan St. Hall-Padalarang atau angkot yang ke arah Cimahi terlebih dahulu (St. Hall-Cimahi), baru sambung ke Padalarang.

      Kalau mau taksi berargo, pas keluar pintu stasiun utara bertemu Jalan Kebon Kawung, maju sedikit akan ketemu deretan taksi Blue Bird yang ngetem.

    rumah adat said:
    15 Januari 2014 pukul 5:00 pm

    hidup Bandungggg

      ybandung responded:
      21 Januari 2014 pukul 4:13 am

      Hidup Bandung!

    syarifah aini said:
    16 Januari 2014 pukul 8:03 pm

    asikkk,.!!
    ternyata bndung mnyimpan sejuta kwasan yg indah,.
    syang akses ksananya gk tau??

      ybandung responded:
      21 Januari 2014 pukul 4:13 am

      Lho memang di mana ini Mba?

    wisata pulau ridung said:
    8 Februari 2014 pukul 1:59 pm

    I’m not sure why but this web site is loading incredibly
    slow for me. Is anyone else having this problem or is it a issue on my end?
    I’ll check back later and see if the problem still exists.

    andre said:
    10 Februari 2014 pukul 9:09 pm

    Bandung memang surga nya wisatawan.

    Untuk informasi wisata bangka belitung bisa kunjungi :

    http://bangkabelitungtourism.com

    wildanjsaputraw said:
    3 Maret 2014 pukul 3:07 pm

    Mau cari tempat wisata ? yang murah dan engga ribet ? banyak tujuan dan super lengkap, trip seluruh indonesia disajikan dalam 1 website nih http://www.triptrus.com, website trip yang lengkap dan super murah.

    argasadha said:
    5 Maret 2014 pukul 8:23 pm

    Saya sampai bingung kemarin mau kemana lagi di Bandung. Hampir semua sudah dikunjungi dalam 4 tahun. kangen juga sama bandung. Check my blog for picture of indonesia’s beauty.

    Resep gudeg Jogja said:
    7 Maret 2014 pukul 5:15 pm

    banyak sekali ternyata :D

    Travelling said:
    19 April 2014 pukul 8:34 pm

    good info.. :D
    sangat berguna sekali..

    ikhsan said:
    23 April 2014 pukul 8:03 pm

    salam kenal..
    mantap…
    ingin masakan rendang sumatra barat.
    kunjungi kami dalam masakan rendang sumatra barat
    terima kasih

    xamthone plus said:
    7 Juni 2014 pukul 4:50 pm

    wihhh banyak banget ya tempat wisata bandung, ga akan cukup tuh kao setahun di kelilingi heheh

      ybandung responded:
      13 Juni 2014 pukul 12:20 am

      Saya sendiri hampir 20 tahun tinggal di Bandung, masih banyak tempat-tempat menarik di Bandung yang belum sekali pun saya kunjungi Mas hehe.

    toko herbal online said:
    16 Juni 2014 pukul 9:56 am

    saya sangat bangga menjadi orang bandung yang kaya akan tempat wistanya :D

    OVANDOI said:
    19 Juni 2014 pukul 6:39 pm

    gila keren tapi saya udah pergi ke semua tempat itu !!! :)

    tempat wisata di dunia said:
    26 Juni 2014 pukul 6:16 pm

    izin nyimak gan

    juwita said:
    1 Juli 2014 pukul 1:18 pm

    sy pengen jalan2 keliling semua tempat wisata di bandung tapi tdk tau sewa gate yang bisa antar kemana tempatr wisata di bandung bisa minta tolong di rekomendasikan yang tau jasa sewa antar tolong bantuanya bisa hubungi no hp 082219139298 atas nama juwita
    kalau bisa yang tinggal di daerah sekitaran taman sari

    Rika Pradinda said:
    27 Agustus 2014 pukul 1:13 pm

    pengen wisata alam buat fotographer di bandung tapi kayanya semua yang ada di atas udah kejelajah, apaa engga ada yang lain ? :)

    Info Hotel Murah said:
    9 September 2014 pukul 12:07 am

    Saya perna ke objek wisata Pangalengan. Yang di tengah” nya ada pulau kecil tempat penduduk menanam strawberry. Keinginan saya skrng adalah ke Kawah Putih

    fatimah yulia wulandari said:
    20 Oktober 2014 pukul 1:07 pm

    pengen banget naik ke puncak gunung

    Pulau Tidung said:
    26 Januari 2015 pukul 11:15 pm

    Thanks for nice article.

    Pulau Tidung Marina Ancol

    wisata di bandung said:
    31 Januari 2015 pukul 10:16 am

    wah manfaat sekali infonya, terima kasih

    Penginapan Online said:
    26 Maret 2015 pukul 9:29 am

    Transtudio bandung memang josh ya.. Pengen suatu saat nanti kesana..

    mobil datsun bandung said:
    13 April 2015 pukul 10:14 am

    terimakasih untuk infonya ya gan ;)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s