Setelah puas dengan obyek wisata Candi Cangkuang, Situ Bagendit dan Pemandian Air Panas di Cipanas, kami pun menuju obyek wisata Kawah Kamojang. Sebenarnya sekalian pulang ke Bandung, tapi lewat jalan yang berbeda yaitu arah Kampung Sampireun (15 km dari Kota Garut) dan lewat Kamojang, Paseh, Majalaya, nembus M. Toha Bandung. Kawah Kamojang sendiri berjarak sekitar 25 km dari Garut dan 35 km dari Bandung. Foto berikut adalah pemandangan hutan pinus di tengah perjalanan kami.

From Tour de Garut

Perjalanan dari Garut – Kamojang – Bandung dipenuhi dengan pemandangan pegunungan yang sangat alami, jauh dari perkampungan penduduk. Kondisi jalannya naik turun dan di beberapa titik sangat curam sehingga harus ekstra hati-hati, berlaku untuk kedua arah. Saya sudah merasakan kedua-duanya karena dua kali melakukan tur ke Kawah Kamojang, apalagi kalau hujan dan berkabut seperti pengalaman kali ini .. wuih, sempat grogi saat mau menuruni satu turunan yang sangat curam yaitu ketika mendekati Paseh; tetapi lebih dikarenakan rem depan sepeda motor saya yang sudah kurang pakem ditambah kondisi basah kehujanan.

From Tour de Garut

Setelah sering berhenti untuk hunting foto di tengah perjalanan, kami pun berhasil mencapai kawasan obyek wisata Kawah Kamojang. Kami membayar tiket Rp 5000 per orang dan Rp 2000 per sepeda motor. Ini dia pemandangan Kawah Berecek, sebelumnya kami menemui Kawah Manuk. Karena sangat berkabut kami tidak dapat melihat banyak di kedua kawah tersebut. Akhirnya kami gunakan untuk pengambilan potret diri kami sendiri saja di pinggir kawah.

From Tour de Garut

Setelah melalui kedua Kawah Manuk dan Kawah Berecek, kami meneruskan perjalanan sedikit dan sampai di pelataran parkir utama obyek wisata Kawah Kamojang. Siapa sangka, setelah melalui kawasan pegunungan yang sepi sekali, ternyata pelataran parkir cukup ramai disemarakkan lagi dengan beberapa rumah makan dan warung kecil. Kami memarkir kendaraan dan kemudian berjalan kaki menuju obyek semburan uap panas bumi. Ini dia gambarnya .. suara gemuruh semburannya sangat dramatis lho ..

From Tour de Garut

Obyek Wisata Jawa Barat:
[Pantai Barat Pangandaran][Pantai Timur Pangandaran][Cagar Alam Pananjung][Pantai Karang Nini][Kawah Kamojang][Situ Bagendit][Candi Cangkuang & Kampung Pulo]