Tour de Garut : Kawah Kamojang

Setelah puas dengan obyek wisata Candi Cangkuang, Situ Bagendit dan Pemandian Air Panas di Cipanas, kami pun menuju obyek wisata Kawah Kamojang. Sebenarnya sekalian pulang ke Bandung, tapi lewat jalan yang berbeda yaitu arah Kampung Sampireun (15 km dari Kota Garut) dan lewat Kamojang, Paseh, Majalaya, nembus M. Toha Bandung. Kawah Kamojang sendiri berjarak sekitar 25 km dari Garut dan 35 km dari Bandung. Foto berikut adalah pemandangan hutan pinus di tengah perjalanan kami.

From Tour de Garut

Perjalanan dari Garut – Kamojang – Bandung dipenuhi dengan pemandangan pegunungan yang sangat alami, jauh dari perkampungan penduduk. Kondisi jalannya naik turun dan di beberapa titik sangat curam sehingga harus ekstra hati-hati, berlaku untuk kedua arah. Saya sudah merasakan kedua-duanya karena dua kali melakukan tur ke Kawah Kamojang, apalagi kalau hujan dan berkabut seperti pengalaman kali ini .. wuih, sempat grogi saat mau menuruni satu turunan yang sangat curam yaitu ketika mendekati Paseh; tetapi lebih dikarenakan rem depan sepeda motor saya yang sudah kurang pakem ditambah kondisi basah kehujanan.

From Tour de Garut

Setelah sering berhenti untuk hunting foto di tengah perjalanan, kami pun berhasil mencapai kawasan obyek wisata Kawah Kamojang. Kami membayar tiket Rp 5000 per orang dan Rp 2000 per sepeda motor. Ini dia pemandangan Kawah Berecek, sebelumnya kami menemui Kawah Manuk. Karena sangat berkabut kami tidak dapat melihat banyak di kedua kawah tersebut. Akhirnya kami gunakan untuk pengambilan potret diri kami sendiri saja di pinggir kawah.

From Tour de Garut

Setelah melalui kedua Kawah Manuk dan Kawah Berecek, kami meneruskan perjalanan sedikit dan sampai di pelataran parkir utama obyek wisata Kawah Kamojang. Siapa sangka, setelah melalui kawasan pegunungan yang sepi sekali, ternyata pelataran parkir cukup ramai disemarakkan lagi dengan beberapa rumah makan dan warung kecil. Kami memarkir kendaraan dan kemudian berjalan kaki menuju obyek semburan uap panas bumi. Ini dia gambarnya .. suara gemuruh semburannya sangat dramatis lho ..

From Tour de Garut

Obyek Wisata Jawa Barat:
[Pantai Barat Pangandaran][Pantai Timur Pangandaran][Cagar Alam Pananjung][Pantai Karang Nini][Kawah Kamojang][Situ Bagendit][Candi Cangkuang & Kampung Pulo]

About these ads

28 thoughts on “Tour de Garut : Kawah Kamojang

  1. Yono Sudarto berkata:

    Melihat dari foto2 yang diambil, saya sangat tertarik untuk mengunjungi area wisata kawah kamojang dan sekitarnya.
    Karena saya berniat mengajak seorang ibu yang usianya sudah di atas 60 tahun, walaupun kondisi fisiknya masih kuat dan sehat untuk berjalan kaki, tapi perlu juga saya ketahui apakah jalanan menuju kawah kamojang, kawah manuk, kawah Berecek dan lokasi semburan sumber geothermal itu jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat parkiran mobil? Kemudian kondisi jalannya apakah sangat ramah untuk dilalui dengan jalan kaki? Mengingat juga saat ini sudah mulai musim hujan.
    Mohon diinformasikan sebelum kami berangkat ke sana.

    Terima kasih sebelumnya.

    Pak Yono

    Dear Pak Yono,

    Kawah-kawah tersebut berada di samping jalan menuju areal parkir kendaraan, sehingga sangat mudah dijangkau dan dapat dinikmati dari atas kendaraan atau turun sejenak. Sementara lokasi semburan hanya berjarak kurang lebih 100 m dari lokasi parkir mobil, ada sedikit tanjakan tidak seberapa. Demikian dan terima kasih.

  2. nisa berkata:

    tanya dong, perjalanan dari situ bagendit ke kawah kamojang berapa jam ya? thx.

    Rasanya sejaman ya, tidak begitu ingat persisnya. Itu juga karena jalan yang menanjak dan menurun sejak daerah sekitar Kampung Sampireun. Semoga membantu.

  3. amasw berkata:

    dear rama,

    kalu anda dari maranatha ada 2 jalan alternatif :
    1. masuk tol arah cileunyi… trus turun kluar pintu tol buah batu.. belok kanan terusan buah batu / bojongsoang, baleendah, ciparay, majalaya, paseh… slamet menikmati.
    2. masuk tol cileunyi… turun pimtu tol cileunyi… trus belok kanan ke ujungberung, majalaya, paseh …tapi kodisi jalan ujungberung – majalaya saat ini lagi payah… saran saya ambil alternatif 1.

  4. Joko winarto berkata:

    mohon informasi bila kami menggunakan big bus 44 seats, apakah bisa mencapai kawah kamojang??? dari pintu exit tol cileunyi barapa lamakah jarak yang ditempuh????

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s