Pantai Barat Pangandaran – Jawa Barat

Tahun 2005, Pangandaran sebelum bencana tsunami 17 Juli 2006. Hari mulai petang ketika sepeda motor yang saya kendarai bersama rekan Yosi memasuki pintu gerbang Pantai Pangandaran, sebuah pantai tersohor di bagian selatan Pulau Jawa. Sungguh perjalanan yang sangat melelahkan, ketika dimulai dari warung bakso rudal di Jalan Anggrek Bandung pukul 9 pagi. Sebenarnya jarak Bandung ke Pangandaran hanya 200 km, mestinya dapat ditempuh dalam waktu 5 jam tetapi kami 9. Ya .. sangat banyak pemandangan alam di tengah perjalanan yang sayang untuk dilewatkan. Maka kami pun selalu tergoda untuk mengabadikannya melalui kamera kesayangan; galeri foto sepanjang perjalanan Bandung – Pangandaran ada di link ini.

Begitu tiba di pinggir pantai, kami segera mencari penginapan di antara banyak rumah penginapan dan hotel yang disewakan. Akhirnya dapat penginapan yang cukup murah, Rp 80 ribu, tetapi terlihat bersih dan aman bagi kami dan kendaraan kami menginap. Masuk kamar dan saya pun terkulai tak berdaya setelah perjalanan yang panjang dan melelahkan namun menyenangkan. Rekan Yosi tidak mau ketinggalan moment sunset Pantai Barat Pangandaran, bergegas menuju pantai untuk jepret sana jepret sini.

From Pantai Barat …
From Pantai Barat …

Istirahat satu jaman, kami pun harus berburu makanan untuk santap makan malam; sambil kami berkeliling malam hari di Pantai Barat, Pantai Timur, sampai dengan Pasar Ikan. Akhirnya perjalanan malam di Pantai Pangandaran kami tutup dengan hidangan nasi goreng. Hari berganti, setelah sepagian kami menghabiskan waktu di Pantai Timur Pangandaran, kami pun kembali menjelajah Pantai Barat Pangandaran. Wow .. hari Minggu itu ramai sekali oleh pengunjung, pedagang, dan penjaja jasa perahu dan juga pelampung dan ban.

From Pantai Barat …
From Pantai Barat …

Setelah kami menjelajah ke tengah laut dan mendarat di Pantai Pasir Putih berikut Cagar Alam Pananjung, kami pun kembali berjalan menyusuri sepanjang Pantai Barat untuk mendapatkan pemandangan yang beragam. Puas dech .. sampai hari mulai lepas dari siang dan kami harus segera meninggalkan Pantai Pangandaran untuk kembali ke Bandung.

From Pantai Barat …

Obyek Wisata Jawa Barat:
[Pantai Barat Pangandaran][Pantai Timur Pangandaran][Cagar Alam Pananjung][Pantai Karang Nini][Kawah Kamojang][Situ Bagendit][Candi Cangkuang & Kampung Pulo]

Iklan

41 comments

  1. @ rizki:

    Halo mas, terimakasih untuk pertanyaannya. Kira-kira saya melalui jalur Bandung, Cileunyi, Nagrek, Malangbong (alternatif lain bisa lewat Garut), Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran (dari Banjar sekitar 60 km ke selatan).

    Spedo kendaraan saya menunjukkan angka 200 km dari Bandung sampai Pantai Pangandaran.

  2. jeung sadayana berhubung abdi jeulma asli ti pangandaran hoyong peuseun ka kabehanana supaya ngajaga naon wae nu d pangandaran lamun ulin ka ditu ulah sok ngarusak naonnu aya d cagar alam da kamari abdi nempo aya babatuan d corat_coret asa nalangsa nempona oge hayu atuh urang jaga kaendahan alam lamun bogababaturan nu arek ulin ka ditu tolong atuh d bere nyaho ambeh tong ngarusak

  3. mau tanya tempat penginapan yang harganya 80rb itu dmn yaah??? nama penginapannya apa???

    terima kasih…

    Silakan masuk ke perkampungan di dekat pantai tsb, hampir sebagian besar menyewakan kamar-kamar. Harga sekarang mungkin sudah naik ya, karena pengalaman saya tsb sudah 4 tahun lalu. Terima kasih.

  4. minta peta ke pangandaran dunk,, tp dari bekasi,,
    ke arah mana ya kira2??
    n berapa lama perjalanan ksana??
    apa iaa sudah mendekati ke jawa tengah??

  5. Lebaran ini saya dan keluarga berencana mau berlibur ke pantai pangandaran, siapa yang bisa beri info penginapan yang murah layak dan aman, baik di pangandaran, ciamis atau tasikmalaya. hatur nuhun

  6. Yth Mas YBandung,
    Liputan perjalanannya cukup menarik maka saya berencana bersama keluarga tour ke Pangandaran sehabis Lebaran 2010 ini. Sudah book hotel tapi sdh muahal sekali itupun nyaris sdh tdk kebagian pengionapan.
    Oya apa Mas Ybandung tidak berminat meliput daerah wisata lokal lainnya yang belum terekspose secara luar seperti Wisata kota Gunung di Bukut Tinggi, sebagai info saya asli dari sana, menurut orang luar pemandanfannya sangat eksotis, tapi bagi saya karena lahir di sana ya biasa saja. tapi yang jelas jarang orang hanya sekali ke sana. Selamat berkunjung ke kampung saya.
    Salam Mlee

  7. adakah yang bisa memberi saya peta jalur me7 pangandaran dari Bogor?rencana saya naik motor dari bogor, plus penginapan yang sederhana tapi layak huni.trims…..

  8. […] teriknya siang hari. Saya dan rekan Yosi telah selesai berkemas dan siap berpamitan dengan Pantai Barat Pangandaran, Pantai Timur Pangandaran, dan Cagar Alam Pananjung beserta hamparan pasir putihnya. Akhirnya kami […]

  9. […] Dari Pantai Barat Pangandaran, melihat ke samping kiri terhampar pantai pasir putih sementara di belakangnya terlihat kawasan Cagar Alam Pananjungsebagai kawasan konservasi flora dan fauna. Sayang kalau tidak menyempatkan diri ke sana, kita dapat naik perahu ke seberang sana atau memutar melalui jalan darat masuk ke cagar alam terlebih dahulu. Kami mengambil jalan laut untuk menuju Pantai Pasir Putih. Ini kali kedua saya menjejakkan kaki di pantai ini, setelah pernah ikut rombongan anak-anak GEMA Bandung di jaman kuliah awal. Ini foto pemandangan yang diambil dari Pantai Pasir Putih, kita dapat melihat perahu-perahu yang membawa pengunjung mendarat di pantai indah ini. […]

  10. insya allah dalam waktu dekat ini saya dan suami akan ke pangandaran… mudah2an selamat sampai tujuan aminnnnn….

  11. Mau tanya neh.. klo dari Jakarta menuju Pangandaran naik mbil pribadi,saya harus melalui jalur mana yah?? berapa jam perjalanan yah?? tolong infonya dong… rencana taon baruan dgn keluarga mau ke Pangandaran. Sebelumnya terima kasih.. Salam

  12. emg enk rasa khan pantai pangandaran apalagi sama cuaca yang selalu sejuk dikota bandung sangat memuaskan hati dan pikiran seperti melayang jauh lepas beban dan berbagai hiruk-pikuk kota jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s