jump to navigation

Taman Bunga Nusantara – Cipanas, Cianjur 2 April 2009

Posted by ybandung in Jawa Barat, Wisata Alam.
trackback

Pada hari Minggu, 26 Oktober 2008, kami sekeluarga berwisata di Taman Bunga Nusantara. Untuk masuk ke obyek wisata ini, pengunjung akan membayar biaya parkir mobil pribadi sebesar Rp 10.000 dan setiap pengunjung akan membayar tiket masuk taman sebesar Rp 15.000.

Berikut ini adalah informasi mengenai Taman Bunga Nusantara yang saya tulis kembali dari brosur:

Taman Bunga Nusantara adalah obyek wisata agro yang terletak di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Luas taman keseluruhan 23 hektar yang dipenuhi keindahan display warna dan bentuk bunga yang indah dari berbagai belahan dunia sesuai dengan iklim yang ada di Indonesia. Masa hidup tanaman berkisar antara 2 sampai 3 bulan sehingga akan memberikan nuansa yang berbeda kepada pengunjung yang berulang kali datang ke sana. Di sini terdapat aneka taman bergaya internasional seperti Taman Perancis, Taman Amerika, dan Taman Mediterania.

Taman Bunga Nusantara memiliki wahana bermain anak-anak yaitu Alam Imajinasi dengan luas 7 hektar yang menampilkan aneka permainan yang menarik bagi anak-anak. Juga memiliki gedung serbaguna yaitu Saung Aki yang dapat menampung sampai dengan 600 orang dan fasilitas villa Saung Nini.

Maskot Taman Bunga Nusantara

Angsa hitam atau Cignus atratus merupakan maskot taman ini yang dipilih karena daya tahan tubuhnya yang sangat baik, mudah berinteraksi, dan dapat berkembang biak dengan pesat di luar habitat aslinya. Angsa hitam ini juga merupakan simbol dari Taman Bunga Nusantara sebagai wisata agro yang berbasis kepada potensi flora dan fauna yang hidup saling berinteraksi secara harmonis dan berkembang untuk selalu beradaptasi dengan lingkungan.

Taman Air

Tatanan warna tanaman air yang indah dengan bentuk yang unik, seperti aneka teratai air, Blue Thalia, serta Lotus. Juga tanaman unik khas Amerika Selatan yaitu teratai raksasa atau Victoria amazonica serta Giant Arum yang mudah dikenali karena bentuknya yang menyerupai pohon pisang.

Taman Labyrinth

Dengan luas 1 hektar dan pangkasan tanaman terang bulan, pengunjung dapat mengitari dan berlomba untuk segera mencapai pusat Taman Labyrint yang menjanjikan keindahan panorama. Bentuk taman diilhami oleh legenda Theseus yang melakukan pencarian monster Minotour di tengah jalan tak berujung.

Taman Bali

Replika Bali ditampilkan di sini, mulai dari Candi Bentar atau Gapura pintu masuk, Bale Bengong, Kul Kul, Aling-aling, aneka patung khas Bali dan ragam tanaman tropis berdaun dan berbunga indah seperti kembang kemboja, hibiscus, dan aneka heliconia.

Danau Angsa

Mute Swan atau Angsa Putih yang dulu hanya diperkenankan dipelihara oleh kalangan Kerajaan Inggris, Black Swan perlambang cinta abadi serta unggas menarik lainnya yang didatangkan dari Australia dan Eropa ditempatkan di lokasi Danau Angsa. Di sini pengunjung juga dapat melihat ribuan ikan jinak yang saling berinteraksi dan hidup harmonis dengan aneka unggas.

Rumah Kaca

Bangunan ini didominasi oleh 3.000 panel kaca yang melindungi 2.000 meter persegi dibuat oleh ahli rumah kaca dari negeri Belanda. Di sini ditampilkan aneka warna bunga indah yang membutuhkan perawatan yang seksama. Pengunjung dapat menemukan ragam fungsi rumah kaca yang dapat mengatur kondisi suhu, kelembaban, dan intensitas cahaya, sehingga tanaman dapat bertumbuh-kembang dengan sangat baik.

Taman Bunga Nusantara yang memiliki jam buka Senin-Jumat 08.00–17.00 dan Sabtu, Minggu, Libur Nasional 08.00–17.30 WIB, juga memiliki Rafflesia Mini Theater, Lokasi Piknik, Taman Mawar, Taman Perancis, Taman Amerika, Taman Mediterania, Taman Palem, Taman Jepang, dan lain-lain.

About these ads

Komentar»

1. Yono Sudarto - 8 Oktober 2009

Sayang gak ada foto2nya utk ditunjukan ke para pembaca yang berminat. Tapi klo diijinkan saya punya foto2 dari lokasi Taman Bunga Nusantara ini.

Terima kasih, dengan senang hati saya menerima di ybandung{at}gmail.com untuk saya upload.

2. ibunya imam - 29 Januari 2010

mas/mbak, kalo masuk ke tempat bermain anak, bayar lagi gak ? permainannya apa aja ya ?

3. lonelywalks - 8 Juli 2010

terima kasih sharing & infonya.
kalau mau lihat foto-foto taman bunga nusantara ini bisa di:
http://gallery.lonelywalks.com

kiki - 11 Februari 2011

gak bisa di buka mbak link nya….

4. arum - 28 Juli 2010

saya pernah ke sana, indah banget, untuk mengelilingi seluruh taman ada mobil mini yg siap mengantar, tapi kita harus bayar. Lupa tuh berapa bayarnya, gak mahal kok. Kalo bawa kelaurga yg paling asik, bawa anak-anak kecil, pasti senang mereka. Selain refreshing bisa nambah pengetahuan buat anak-anak…selamat berlibur….

5. novi - 9 Agustus 2010

boleh tanya mengenai saung nini ga ya? Saya tertarik untuk mengajak keluarga berlibur ke sana, tapi saya cari de website ga ketemu tuh… Ada yang tau website nya? Thanks

6. kiki - 11 Februari 2011

maaf mbak, link yg mbak kasih buat liat foto2nya gak bisa dibuka ya…
tlng muat ulang ya mbak
makasiii…

7. Faisal Doank - 10 November 2011

taman bunga daerah ci anjur ya sebelah mn na cie

8. jadinomorsatu - 22 Agustus 2012

taman bunga nusantara,worth to visit :)
come and visit my blog http://www.jadinomorsatu.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: