jump to navigation

Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu 2 April 2009

Posted by ybandung in Bandung, Wisata Alam.
trackback

Salah satu tujuan utama di obyek wisata alam Gunung Tangkuban Parahu adalah Kawah Ratu. Obyek yang berjarak sekitar 30 km dari kota Bandung ini dapat ditempuh dengan mudah melalui jalur Bandung–Ledeng–Lembang (15 km) dan Lembang–Tangkuban Parahu (15 km).

Bagi pengguna kendaraan roda dua, ada jalur alternatif Bandung-Lembang yaitu melalui Dago dan Pagerwangi yang berjarak sekitar 5 km, tembus di La Oma Cafe dan Pasar Lembang. Jalan telah teraspal dengan baik, namun terdapat beberapa tikungan tajam nan curam. Asiknya kita akan menemukan pemandangan baru kota Bandung dari ketinggian.

Dari Lembang, kita akan menempuh jarak sekitar 11 km ke arah Subang untuk mencapai gerbang utama obyek wisata. Untuk dapat masuk kawasan wisata, per orang akan dikenakan tarif Rp 12.500 dan Rp 9.000 untuk mobil, Rp 4.000 untuk sepeda motor, dan Rp 17.500 untuk bus. Setelah membeli karcis kita akan menempuh jarak 4 km untuk sampai kawah utama yaitu Kawah Ratu.

Di pelataran parkir, kita mungkin akan mendapati prasasti dengan relief seperti terlihat di dalam foto. Kira-kira cerita mengenai apa ya, apakah cerita mengenai Sangkuriang dan Dayang Sumbi ibunya?

Foto berikut ini adalah pemandangan Kawah Ratu yang dilihat dari pelataran parkir dan dari sisi berlawanan. Sangat indah bukan? Meskipun kelihatannya kita dapat menuruni kawah namun sangat dilarang karena munculnya gas beracun sewaktu-waktu yang dapat membahayakan keselamatan.

Nah kalau sudah puas menikmati alam indah nan segar pegunungan, kita dapat belanja oleh-oleh khas Tangkuban Parahu seperti pakaian, boneka, aneka kerajinan tangan, jajanan seperti aneka gorengan dan ketan bakar, atau obat-obatan tradisional belerang untuk gatal-gatal dan akar kayu naga untuk rheumatik atau sakit gula.

Akhirnya selamat menikmati wisata alam Gunung Tangkuban Parahu. Saya sendiri sudah berkali-kali datang ke tempat ini lho.

About these ads

Komentar»

1. winna - 5 September 2009

wuihhh bandung salah satu tempat bermakna buat gue,,hehehehe,,,suka bgd alamnya…

Terima kasih atas sharingnya.

2. mardy - 22 Oktober 2009

aduh mazz aku ke bandung sekali kedinginan truzzzzzzzz meriyanggg.

Waduh turut prihatin Mas. Memang harus sering-sering hehe .. Salam.

3. Tyas - 4 Januari 2010

pengen kesana deh…tapi ga tau rute..?

4. yenzCooL - 8 Maret 2010

q jua jadi pengen kesana jua,,,ve gada ongkos nie,,haha

5. TS - 15 Maret 2010

wisata di bandung memang bervariasi .. terus berkembang deh..salam

Semoga mas, terima kasih.

6. yogi - 16 April 2010

tempat-tempat di bandung sangat bersejarah buat gw,takkan terlupakan…

7. Imont IlmaNughi - 26 Agustus 2010

Haduhh janten hoyong kadinya…tapi teu (acan) gaduh ongkos. Tapi ketang engke mah bakal gaduh. he2… (amin)

8. wita - 29 Agustus 2010

Udah pernah kesana waktu study tour SMP,jdi pengen lagi,abiez indah banged sih pemandangannya…

9. ekka - 18 Desember 2010

wah sebentar lagi aku ke sana sekluarga ah

10. antondewantoro - 23 Januari 2011

Semoga sempat mampir ke sana

suparmin - 19 Februari 2012

Saya sudah dua kali ke sana,ketika liburan semesteran yaitu,pada bulan Januari 2010 dan Januari 2011,sangat menajubkan,suasana yang adem dan menyenangkan, pemandangan yg sangat indah,rasanya ingin ke sana lagi,Insyaallah kalau punya rezeki,amin…..

antondewantoro - 16 April 2012

betul sekali, saya pun suka

11. tempat wisata di kota bandung, bandung utara, bandung selatan, bandung, barat, bandung timur, kota bandung | Portal IG : Computing | Education | Business - 1 April 2011

[...] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu [...]

12. Panduan Wisata di Bandung « Sewa Mobil Jakarta hanya di www.jatrofatrans.com - 13 April 2011

[...] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu [...]

13. 1001 Tempat Wisata di Bandung « Adhi Fajrin - 3 September 2011

[...] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu [...]

14. 1001 Tempat Wisata di Bandung « Cahayanaufa's Blog - 20 Oktober 2011

[...] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu [...]

15. boim_04 - 29 Februari 2012

aku pngen bngt maen ke kota bandung..??
Alm y wih…menyenangkan.?
Kapan y q k sana….

16. Tempat-tempat wisata di Bandung dan sekitarnya.. « vanillafrenzzblue - 2 Maret 2012

[...] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu [...]

17. Berakhir Pekan di Bandung « chris’GALLERY - 21 Maret 2012

[...] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu [...]

18. Obyek Wisata Bandung Utara | obyekwisataindonesia.com - 19 April 2012

[...] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu [...]

19. 1001 Tempat Wisata Di Bandung « agitator95 - 4 Juni 2012

[...] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu [...]

20. 1001 wisata di bandung « nesdha - 30 Juli 2012

[...] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu [...]

21. Tempat Wisata di Bandung « Wanita Cantik - 16 Agustus 2012

[...] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu [...]

22. mitha - 29 Agustus 2012

tangkuban prahu ajiiib dah lma gk berkunjung ke ksna…

23. Patricia Scolastica Sinaga - 11 Oktober 2012

masuk ke tangkuban perahu berapa ya mas?

24. nisa - 12 Oktober 2012

Hoyong ih.. ameng ka Bandung

25. Fahmi - 11 Desember 2012

bandung!!! minggu depan mau maen kesini :D

26. ybandung - 11 Desember 2012

Jangan lupa borong fashion (Factory Outlet di sekitar Jalan Dago, Jalan Riau, atau Jalan Setiabudi) dan kulinernya Mas.

Kalau mau borong oleh-oleh bisa ke Pasar Baru (aneka dodol, wajid, keripik tempe dan oncom, selai pisang, dll) di Jalan Otoiskandardinata, Kartikasari, Primarasa di Jalan Kemuning, atau Brownies Amanda.

27. Daftar Tempat Wisata Di BANDUNG | yulyanayuli - 7 Januari 2013

[...] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu [...]

28. Ihktiara - 31 Maret 2013

Wiidiih… Jd pengen ke bandung deh

29. Ihktiara - 31 Maret 2013

Widiih… Seru banget! Insya Allah q sm qluargaq

30. Bromo Travelling - 2 April 2013

Bagus sekali, trimakasih infonya :)

31. Padi City Resort - 2 April 2013

tempatnya bersejarah, thanks artikelnya..

ybandung - 28 Januari 2014

Terima kasih kembali dan salam saya.

32. Tempat wisata di bandung | rarabebyuchul - 24 Mei 2013

[…] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]

33. Wisata Kota Bandung - 26 Mei 2013

Post writing is also a excitement, if you know afterward you
can write otherwise it is difficult to write.

34. Tempat Wisata di Kota Bandung | Portal IG - 3 Oktober 2013

[…] Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]

35. PAKET TOUR BANDUNG 3H2M | Sundoro Travels - 26 Februari 2014

[…] –          Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu […]


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: